Digital Printing
Digital Printing

Saat ini pencetakan digital merupakan teknik pencetakan yang paling populer, dan ini adalah metode menggunakan printer inkjet dan laser, mencetak gambar secara langsung. Metode digital printing digunakan dalam bidang percetakan profesional, ketika kamu perlu mencetak cepat dalam jumlah kecil. Karena jika kamu menggunakan pencetakan digital dalam jumlah besar, biaya pencetakan akan lebih tinggi daripada ketika kamu memilih cetak offset. Fitur yang paling menonjol dari pencetakan digital adalah mudah untuk mengubah gambar di setiap lembar, dan biaya pencetakan digital pun tidak setinggi ketika pertama kali muncul. Karena tidak harus melalui proses pembuatan papan cetak, biaya pencetakan digital hampir berkurang dari biaya yang ditetapkan.

Proses Percetakan Digital

Digital Printing

Percetakan digital mencakup banyak jenisnya seperti pencetakan inkjet, pencetakan transfer inkjet termal, pencetakan laser,dan pencetakan kanvas, tergantung pada jenis percetakan digital. Bahan cetak serta setiap produk yang dicetak, proses pencetakannya memiliki perubahan tetapi kita masih dapat mensintesis proses pencetakan terpisah.

Langkah-Langkah Untuk Proses Pencetakan

  • Menyiapkan file cetak dan menempatkan file cetak di penerima printer digital.
  • Menyiapkan bahan dan tinta dan tempelkan ke printer.
  • Memeriksa printer sebelum mencetak.
  • Dilanjutkan ke pencetakan otomatis.
  • Membiarkan tinta mengering atau memberikan produk cetakan melalui mesin yang memiliki efek pengeringan. Mesin pengering ini harus sesuai untuk setiap jenis bahan cetakan dan cocok untuk tinta cetak agar cetak tidak ternoda.
  • Menyelesaikan proses pencetakan, pengemasan, dan pengiriman ke pelanggan.

Proses Digital Printing sangat cepat dan sederhana, sehingga mudah digunakan oleh semua fasilitas pencetakan, tetapi tidak semua fasilitas pencetakan memberikan kualitas yang bagus. Dan Snapy adalah salah satu perusahaan percetakan dengan layanan percetakan digital terkemuka berkat tim ahli teknis yang sangat baik di bidang percetakan, pengalaman selama bertahun-tahun. Perusahaan ini memiliki mesin dan peralatan modern yang diimpor langsung dari luar negeri seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman. Dan memiliki proses pencetakan yang ketat untuk memastikan kualitas cetak serta memenuhi semua kebutuhan kamu. Seiring dengan perkembangan teknologi, teknik pencetakan modern juga dikembangkan saat ini, dari teknik pencetakan tradisional, cetak offset hingga cetak digital dengan mesin modern. 

Pencetakan Offset

Percetakan offset adalah teknik pencetakan di mana gambar tongkat tinta ditekan ke lembaran karet terlebih dahulu kemudian ditekan dari lembaran karet ini ke atas kertas. Saat digunakan dengan litografi, teknik ini mencegah air menempel pada kertas sesuai dengan tinta.

Percetakan Digital

Suatu bentuk pencetakan inkjet langsung ke permukaan untuk dicetak dengan menggunakan mesin teknis modern. Dengan keunggulan pencetakan cepat, dapat mencetak banyak jenis cetakan dengan ukuran dan jumlah yang berbeda.

Keuntungan dari layanan percetakan digital

1. Biaya persiapan untuk mengatur pencetakan jauh lebih rendah daripada metode menggunakan hasil cetak. Saat mencetak dalam jumlah kecil, menggunakan pencetakan digital akan secara signifikan mengurangi biaya.

2. Foto digital dapat dibuat dalam berbagai ukuran, dan printer foto saat ini dapat mencetak dari gambar kecil beberapa sentimeter hingga model besar dengan lebar hampir 5 meter. Atau gambar yang terlalu besar dapat dicetak menjadi potongan-potongan kecil dan dijahit bersama.

3. Bisa mencetak pada banyak bahan seperti kain, kayu, film tipis, dll.

4. Percetakan digital cepat dan menghemat waktu, yang juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan perubahan pada gambar saat mesin masih mencetak.

Percetakan digital adalah teknologi atau dengan kata sederhana, perangkat digital, ketika kamu menyalin data untuk dipublikasikan ke dalam materi, kemudian memasukkan nya ke dalam printer. Secara otomatis menganalisis, pewarnaan otomatis dan keluaran otomatis untuk yang tercepat. Jadi printer digital memberikan hasil cetak cepat berdasarkan data yang kamu masukkan, printer digital dapat diterapkan pada banyak bahan seperti kertas, kain, nilon, dll. Digital Printing sering diterapkan dalam pencetakan selebaran, pencetakan iklan, percetakan foto, pencetakan stempel, percetakan poster, pencetakan kartu, pencetakan stempel garansi, dan pencetakan kartu.