Usaha Salon Kecantikan
Usaha Salon Kecantikan

Jika Anda berpikir untuk membuka salon, 10 tips ini akan sangat penting dalam membantu Anda mengembangkan rencana bisnis yang efektif dan sukses.

Salon rambut bisa menjadi bisnis yang mantap dan menguntungkan, tetapi sebelum Anda membukanya, Anda memerlukan rencana dan persiapan bisnis yang kuat. 

Usaha Salon Kecantikan
Usaha Salon Kecantikan
  • Menemukan ceruk untuk salon Anda membantu Anda menarik basis klien setia. 
  • Hal terpenting yang dibutuhkan salon untuk berhasil adalah budaya yang baik, karyawan yang berpengetahuan luas, dan pemahaman tentang nilai layanannya. 
  • Dalam hal memiliki bisnis, salon rambut adalah taruhan yang cukup aman – industri kecantikan bernilai sangat besar per tahun. Kecantikan juga merupakan bisnis yang stabil, seringkali tetap tidak terpengaruh selama resesi ekonomi.

Tetapi bahkan jika Anda memiliki keterampilan menata gaya, meluncurkan bisnis Anda sendiri bisa menjadi proses yang menantang yang membutuhkan kesabaran dan pengetahuan. Biaya membuka salon Anda sendiri adalah sekitar $ 62.000 untuk pengaturan dasar, tetapi bisa mencapai $ 500.000 atau bahkan lebih. Tidak peduli berapa banyak Anda berinvestasi dalam bisnis baru Anda, Anda pasti ingin melakukan semua yang Anda bisa untuk memastikan kesuksesan salon Anda.

  • Biaya pembukaan salon

Sebelum memetakan keuangan Anda dan mendapatkan pendanaan, Anda pasti ingin mempertimbangkan untuk apa sebenarnya Anda membutuhkan dana. Berikut adalah beberapa biaya pengaturan salon yang umum untuk calon pemilik:

Lisensi dan izin: Untuk membuka salon, Anda memerlukan izin usaha dan izin yang diperlukan di daerah Anda. Jika Anda berencana untuk menjual produk, Anda juga memerlukan izin penjual.

Real estat: Anda harus mencari tempat untuk disewa atau dibeli. Jika Anda memilih untuk membayar sewa bulanan, kemungkinan besar Anda harus memberikan uang jaminan di muka.

Penggajian: Ini melibatkan gaji atau upah untuk karyawan yang Anda pekerjakan, dan semua manfaat terkait yang Anda pilih untuk ditawarkan.

Peralatan Salon: Salon membutuhkan banyak peralatan, seperti perlengkapan kecantikan, wastafel, kursi, dan pengering rambut. Anda mungkin juga memerlukan sistem POS, komputer, telepon, dan lainnya.

Inventaris: Jika Anda berencana untuk menjual kosmetik atau produk lain, Anda pasti ingin menyimpan inventaris Anda sebelum membuka.

Asuransi: Untuk melindungi bisnis Anda secara legal, Anda pasti ingin menyisihkan uang untuk rencana asuransi yang layak.

Ini hanya sebagian dari sekian banyak biaya pembukaan salon. Buat daftar periksa kemungkinan biaya salon sehingga Anda tahu apa yang harus dipertanggungjawabkan saat memperoleh pendanaan.

  • Pembiayaan untuk salon

Salon sering kali dianggap sebagai bisnis berisiko tinggi, dan banyak bank ragu untuk berinvestasi. Namun demikian, ada banyak alternatif pinjaman tradisional. Berikut beberapa opsi pembiayaan populer untuk salon.

Pinjaman SBA

Dengan suku bunga rendah dan periode pengembalian cepat, pinjaman SBA cocok untuk pemula kecil. Namun, pinjaman ini relatif kompetitif, jadi Anda memerlukan skor kredit yang kuat untuk memenuhi syarat. Juga, jika Anda membutuhkan dana segera, Anda pasti ingin mencari di tempat lain.

Pinjaman mikro

Pinjaman mikro jauh lebih mudah dicapai daripada pinjaman SBA tradisional, karena Anda tidak memerlukan riwayat kredit atau waktu yang lama dalam bisnis. Pinjaman mikro SBA bisa mencapai $ 50.000. Pastikan Anda memiliki rencana bisnis yang solid sebelum mencoba mengamankan pinjaman Anda.

Pemberi pinjaman alternatif

Pemberi pinjaman alternatif cenderung jauh lebih mudah diakses (dan langsung) dibandingkan sumber modal lain. Jika Anda membutuhkan uang cepat, Anda dapat mempertimbangkan pinjaman berjangka, pinjaman berbasis aset, kartu kredit, atau jalur kredit bisnis.

  • Pembiayaan peralatan

Anda membutuhkan peralatan yang cukup untuk menjalankan salon, seperti kursi, wastafel, dan pengering rambut. Saat Anda memulai, mungkin sulit untuk membeli semua pembelian ini. Dengan pembiayaan peralatan, Anda akan menerima pinjaman di muka pembayaran ini, sehingga Anda dapat memulai dengan langkah yang benar tanpa merusak bank.

Daripada membeli peralatan baru, pertimbangkan untuk menyewanya untuk mengurangi biaya di muka. Beberapa pemberi pinjaman juga menawarkan pembiayaan peralatan, yang menggunakan peralatan sebagai jaminan; Anda kemudian akan melakukan pembayaran rutin sampai nilai peralatan dibayar kembali dengan bunga.

  • Bagaimana mengembangkan rencana pemasaran salon

Pemasaran adalah proses penting untuk setiap bisnis, tetapi taktik tertentu bekerja lebih baik untuk beberapa bisnis daripada yang lain. Saat membuka salon lokal, Anda pasti ingin fokus menjadi bagian dari komunitas Anda. Karena Anda adalah bisnis fisik (yaitu, Anda beroperasi di luar lokasi fisik), membangun pengikut lokal Anda sangat penting bagi Anda untuk menarik dan mempertahankan klien setia.

Pemasaran salon membutuhkan teknik dan konsistensi. Berikut beberapa tip untuk memasarkan salon Anda:

Daftarkan diri Anda di direktori online. Untuk muncul dalam pencarian digital, Anda harus memastikan bisnis Anda terdaftar di direktori online.

Kelola ulasan online. Konsumen cenderung mempercayai peringkat dan ulasan online untuk memeriksa bisnis lokal. Penting untuk menangani setiap ulasan yang Anda terima – terutama yang buruk.

Bermitra dengan bisnis kecil lokal. Bermitra dengan bisnis lain di komunitas Anda akan membantu Anda memperluas jangkauan dan membangun reputasi merek Anda di area tersebut. Selenggarakan acara atau koordinasikan kesepakatan dengan bisnis mitra Anda untuk menawarkan pengalaman eksklusif kepada pelanggan Anda.

  • Tawarkan diskon referensi. Jika pelanggan yang sudah ada merekrut klien lain ke salon Anda, Anda harus memberi penghargaan kepada perekrut tersebut dengan semacam diskon. Ini akan mendorong orang untuk menyebarkan berita tentang bisnis Anda.
  • Ciptakan insentif loyalitas. Pelanggan setia berhak mendapatkan perlakuan khusus. Untuk menunjukkan kepada klien Anda bahwa Anda menghargai mereka, buat insentif seperti diskon, kartu berlubang, dan promosi khusus.
  • Manfaatkan media sosial. Media sosial Anda adalah tempat pelanggan untuk mengenal Anda secara lebih pribadi. Terhubung dengan komunitas Anda dengan mengikuti bisnis kecil lain di daerah tersebut, terlibat dengan target pasar Anda dan berbagi konten di balik layar (seperti foto sebelum dan sesudah potongan rambut klien) untuk membangun kredibilitas Anda dan menumbuhkan kesadaran merek.