cara mencegah rambut rontok
cara mencegah rambut rontok

Keramas atau mencuci rambut dengan rutin dapat menjadi salah satu cara mencegah rambut rontok, ketombe, bahkan rambut patah. Namun, banyak orang yang berbeda pendapat tentang kapan waktu mencuci rambut yang baik. Mengingat ada sebagian orang yang mencuci rambut saat pagi hari dengan tujuan membuat tubuh lebih segar.

Ada juga yang memilih mencuci rambut sore hari dengan alasan rambut lebih bersih sebelum beristirahat. 

Manfaat Mencuci Rambut Pagi Hari

Pakar kesehatan mengatakan bahwa mencuci rambut yang baik tidak ditentukan oleh waktu. Sebagai contoh, pemilik kulit kepala dan rambut yang cenderung berminyak direkomendasikan untuk mencuci rambut pagi hari agar jauh lebih efektif.

cara mencegah rambut rontok
cara mencegah rambut rontok

Sedangkan untuk pemilik rambut yang cenderung kering serta melakukan banyak pekerjaan pada siang hari cocok untuk mencuci rambut sore atau malam hari.

Berbicara mengenai manfaat mencuci rambut pada pagi hari, di antaranya akan diuraikan di bawah ini.

1. Membersihkan Kandungan Minyak Berlebihan

Di atas sempat disinggung bahwa pemilik rambut berminyak dianjurkan mencuci rambut pada pagi hari. Hal ini didasarkan atas produksi minyak pada kulit kepala dan rambut saat malam hari bisa langsung dibersihkan pada pagi hari.

2. Mencuci Rambut Pagi Hari Lebih Efektif

Untuk para pekerja kreatif, keramas di pagi hari bagaikan meditasi, sehingga mereka akan menemukan ide-ide cemerlang yang dibutuhkan. Hal ini dikatakan oleh Shelly Carson, seorang pakar kesehatan dari Harvard. Kemudian, mencuci rambut pada pagi hari lebih efektif, khususnya untuk mereka yang suka berolahraga pada pagi hari.

3. Membersihkan Kotoran yang Menempel di Rambut 

Kotoran yang menempel di rambut dari debu tempat tidur dapat segera dibersihkan saat pagi hari. Dengan demikian, Anda bisa beraktivitas lebih leluasa dengan rambut yang bersih dan wangi saat pagi hari.

Demikianlah manfaat mencuci rambut pada pagi hari. Mencuci rambut pada pagi hari secara teratur dapat menjadi salah satu cara mencegah rambut rontok, karena kulit kepala tempat rambut berdiri telan ternutrisi oleh kandungan produk shampo yang Anda gunakan.