Prenagen.com

Dalam mempersiapkan kehamilan, anda perlu mengetahui beberapa istilah-istilah medis yang erat kaitannya dengan kehamilan. Tentu saja agar kehamilan anda bisa selalu sehat hingga persalinan berjalan lancar. Istilah-istilah medis berikut ini adalah istilah yang akan anda temui selama masa kehamilan anda. Berikut Prenagen.com mencoba merangkumnya untuk anda.

Prenagen.com
Prenagen.com

1. Testpack

Testpack adalah alat yang sering dan paling umum digunakan untuk mendeteksi kehamilan di fase awal. Untuk mendapatkan alat ini sangatlah mudah, karena sudah banyak tersedia di apotek dan bahkan di supermarket di dekat rumah anda. Penggunaannya pun cukup mudah. Anda tinggal memasukan ujung atau probe test pack tersebut ke dalam air seni yang sudah anda tampung sebelumnya. 

Umumnya air seni yang digunakan adalah air seni di pagi hari di saat anda baru saja bangun dari tidur malam anda. Testpack ini bekerja dengan cara mengecek hormon hCG yang ada dalam air seni anda. hCG sendiri adalah kepanjangan dari Human Chorionic Gonadotropin atau pada umumnya dikenal sebagai hormon kehamilan. Hormon ini diproduksi sendiri oleh tubuh anda ketika sel telur sudah dibuahi oleh sel sperma dan menempel pada dinding rahim anda.

2. Ultrasonography atau USG

Secara bahasa Ultrasonography atau USG adalah suatu pencitraan atau visualisasi yang memanfaatkan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang setara dengan frekuensi suara ultrasonik atau di atas 20 kiloHertz. Pada kenyataannya memanglah demikian, secara umum USG adalah alat yang digunakan untuk melakukan pencitraan atau untuk menggambarkan dan memvisualisasikan kondisi organ dalam tubuh. Melalui alat ini, anda dapat melihat kondisi terkini dan perkembangan dari janin anda bahkan hingga jenis kelamin buah hati anda. Selain itu anda juga dapat melakukan pengecekan terhadap organ reproduksi anda. 

Pada dasarnya penggunaan alat ini tidak menimbulkan efek samping apapun, alat ini sangatlah aman digunakan karena USG tidak menimbulkan radiasi apapun. Jadi, sangat dianjurkan untuk melakukan USG secara berkala. Anda dapat melakukan USG pada setiap bulan pada masa kehamilan anda untuk mengetahui perkembangan dan kondisi terkini janin anda. Namun umumnya USG dilakukan tiga kali pada masa kehamilan di setiap trimester. 

Prosedur USG juga tidak berlangsung lama, biasanya memakan waktu 15 menit hingga 45 menit belum atau sudah termasuk konsultasi dengan dokter atau bidan yang menangani proses pemeriksaan anda. 

3. Cardiotocography

Cardiotocography (CTG) atau kardiotokografi adalah alat yang biasanya digunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan janin dalam kandungan. Cara kerja dari alat ini hampir sama dengan USG, keduanya memakai pemancar sinyal suara berfrekuensi tinggi yang setara dengan frekuensi suara ultrasonik. 

Perbedaan antara USG dan CTG adalah hasil yang dikeluarkan dari alat ini. Jika dalam USG anda mendapat gambaran atau pencitraan serta visualisasi dari janin anda. Namun pada CTG, anda akan mendapatkan data rekaman detak jantung janin anda. CTG memang biasa dipergunakan untuk mengetahui kondisi fisik janin terutama kesehatan dan kondisi detak jantungnya. Namun CTG juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kondisi kesehatan rahim atau kandungan anda. Jadi waktu yang tepat untuk melakukan CTG adalah ketika memasuki fase trimester ketiga atau saat usia kandungan berumur 7 bulan sampai 9 bulan atau mendekati saat saat persalinan.

Dengan mengetahui ketiga istilah medis yang dirangkum Prenagen.com, anda dapat menjadi lebih siap untuk menghadapi kehamilan dan bagaimana harus merawat janin yang ada di dalam perut anda. Jika calon ibu sudah mempersiapkan dengan matang kehamilan mulai dari fase awal, maka janin pun sudah dipastikan akan selalu sehat hingga persalinan.