4 Cara Mudah Mencegah Diabetes
4 Cara Mudah Mencegah Diabetes

Salah satu jenis penyakit yang paling banyak ditakuti oleh semua orang yaitu penyakit diabetes. Penyakit yang menyerang dengan tingginya gula darah ini merupakan penyakit yang dalam peningkatannya cukup cepat, karena menurut WHO dalam sepuluh tahun terakhir jumlah penderita diabetes meningkat sampai 10 kali lipat. Sehingga perlu adanya usaha dan cara mencegah diabetes dan mengobatinya. Bagi mereka yang memiliki uang lebih mungkin dapat mengobati penyakit ini dengan berobat ke rumah sakit yang mempunyai fasilitas dan pelayanan mewah sehingga penyakitnya dapat dengan cepat terobati. Namun selain hal tersebut sebenarnya ada cara mudah dan dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dalam mencegah penyakit diabetes.

Diantara cara mencegah diabetes yaitu:

  1. Makan kacang-kacangan dan biji-bijian

Dalam kacang-kacangan dan biji-bijian terdapat serat di dalamnya yang apabila dikonsumsi dapat mengontrol gula darah. Ketika gula darah terkontrol maka resiko akan penyakit diabetes dapat teratasi. Tetapi dalam mengkonsumsinyapun harus terkontrol pula karena jika berlebih akan berdampak buruk pada kesehatan yang lainnya.

  1. Memperbanyak minum susu yang rendah lemak

Minuman susu yang rendah lemak akan bermanfaat dalam mencegah penyakit diabetes, karena semakin rendahnya risiko sindrom metabolik. Dalam susu terdapat zat-zat yang dibutuhkan tubuh, baik dalam kekebalan tubuh maupun dalam resiko penyakit yang lainnya.

  1. Tidur yang cukup

Istirahat merupakan hal yang penting bagi setiap makhluk,  tak terkecuali manusia yang dalam kesehariannya banyak melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Oleh karena itu dengan tidur yang cukup dapat memberikan tubuh untuk beristirahat. Bagi mereka yang kurang dalam tidur akan menyebabkan rasa lapar, terutama pada malam hari. Hal ini tentunya akan menambah berat badan dan  menjadi meningkatnya resiko terkena penyakit diabetes.

  1. Berhenti Merokok

Setiap orang pastinya sudah tahu akan bahaya dari rokok. Bahaya yang ditimbulkanpun tidak hanya berakibat bagi dirinya sendiri tetapi juga orang lain di sekitarnya yang turut menghisap asap racunnya. Apabila anda baca pada setiap bungkus rokok mungkin tulisannya akan berkisar pada penyakit jantung dan paru-paru. Padahal dalam rokok dapat juga berdampak pada penyakit diabetes. Bagi mereka yang sering mengkonsumsi rokok tiap harinya maka resiko terkena penyakit diabetes tiga kali lebih besar dari pada yang tidak.

Penyakit diabetes dapat dicegah dengan pola hidup yang baik dan sehat, dan cara-cara di atas dapat dilakukan sebagai salah satu pola hidup yang baik dalam mencegah diabetes. Selamat mencoba dan jaga selalu kesehatan.