program ekstensi d3 ke s1
program ekstensi d3 ke s1

Setelah lulus,  mahasiswa D3 akan mendapatkan gelar A.Md. Jika ingin meraih gelar sarjana, mahasiswa lulusan D3 bisa mengambil kuliah S1 transfer. Sayangnya, tidak semua perguruan tinggi memiliki program ekstensi D3 ke S1. Kalaupun ada, belum tentu jurusan yang Anda pilih ada di perguruan tinggi tersebut.

Jika Anda adalah lulusan D3 dan ingin melanjutkan ke jenjang S1, Anda bisa mengambil program ekstensi. Namun sebelum menentukan pilihan,  Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Pilihan Perguruan tinggi

program ekstensi d3 ke s1
program ekstensi d3 ke s1

Yang pertama perhatikan pilihan perguruan tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua perguruan tinggi memiliki program ekstensi. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu perguruan tinggi mana saja yang membuka program ini. Salah satu perguruan tinggi terbaik yang menyelenggarakan program ini adalah IDS College.

2. Jurusan yang akan diambil

Yang kedua adalah perhatikan jurusan yang ada dan yang akan Anda pilih. Tidak semua perguruan tinggi memiliki program ekstensi dan tidak semua perguruan tinggi dengan program ekstensi memiliki jurusan yang ingin Anda ambil. Oleh karena itu, perhatikan juga jurusan yang ada dalam perguruan tinggi tersebut.

Untuk masalah jurusan, lebih baik Anda mengambil program ekstensi yang sesuai dengan jurusan sebelumnya. Boleh saja mengambil jurusan yang berbeda tapi sebaiknya usahakan jurusan yang dipilih masih berhubungan dengan pendidikan Anda sebelumnya.

Pemilihan jurusan yang relatif sama ini bukan hanya berhubungan dengan gelar namun juga berhubungan dengan kemudahan Anda selama proses perkuliahan. Dengan memilih jurusan yang sama, Anda akan lebih mudah mengikuti mata kuliah yang diajarkan.

3. Biaya kuliah

Yang ketiga adalah perhatikan biaya kuliah di perguruan tinggi yang Anda pilih. Cari tahu biaya yang dibutuhkan untuk program ekstensi D3 ke S1. Kemudian sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

Jika memungkinkan, carilah beasiswa yang full cover sehingga Anda bisa berkuliah dengan gratis. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa memilih beasiswa yang ada. Yang penting, beasiswa tersebut bisa mengurangi beban biaya kuliah yang perlu Anda bayarkan.

4. Fasilitas pendidikan

Yang keempat adalah perhatikan juga fasilitas pendidikan dari perguruan tinggi yang Anda pilih. Fasilitas pendidikan ini yang akan menunjang proses perkuliahan Anda. Semakin baik fasilitas pendidikan yang ada semakin baik pula proses perkuliahan yang bisa Anda jalani.

Beberapa jenis fasilitas pendidikan yang perlu Anda perhatikan seperti sarana prasarana kuliah, alat praktek, laboratorium, dan prasarana penunjang lainnya. Anda juga perlu memperhatikan kualitas pengajar atau dosen yang ada di perguruan tinggi tersebut. Pastikan para dosen yang ada di sana adalah orang-orang berkualitas yang bisa membagikan ilmunya kepada Anda.

Jika memungkinkan, Pilihlah perguruan tinggi yang menyediakan fasilitas belajar secara online. Fasilitas ini tersedia di IDS College. Dengan ini Anda tidak perlu menjalani perkuliahan tatap muka. Anda bisa melakukan perkuliahan dimanapun dan kapanpun Selama ada jaringan internet.

5. Kelas karyawan

Yang kelima adalah Pilihlah perguruan tinggi yang menyediakan kelas karyawan, terutama untuk Anda yang sudah bekerja. Jika Anda sudah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan ekstensi dari D3 ke S1, Anda sebaiknya pilih perguruan tinggi yang menyediakan kelas karyawan. Kenapa?

Adanya kelas karyawan akan memudahkan Anda untuk membagi waktu antara bekerja dan berkuliah. Anda juga tidak perlu mengorbankan salah satunya. Dengan adanya kelas karyawan, Anda masih bisa mengejar karir dan juga melanjutkan pendidikan.

Untuk Anda yang ingin masuk ke perguruan tinggi program ekstensi yang memiliki kelas karyawan, Anda bisa masuk ke IDS College.

Demikian lima hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak melanjutkan program ekstensi D3 ke S1. Selain kelima hal tersebut Anda juga bisa menambahkan hal-hal lainnya seperti lokasi perguruan tinggi dan kemudahan akses menuju ke sana.