Perkembangan teknologi yang semakin maju tak bisa dipungkiri menimbulkan berbagai kebutuhan baru. Tak hanya dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dalam bisnis pun terus berkembang kebutuhan teknologi yang mendukung kelangsungan bisnis tersebut. Sebut saja kebutuhan paling utama adalah kebutuhan server sebagai penyedia dan tempat menyimpan data informasi utama di perusahaan. Untuk menjamin keamanan data dan informasi sebuah perusahaan, dibutuhkan sebuah tempat untuk menyimpan komputer server tersebut. Perusahaan bisa saja menyediakan layanan atau fasilitas penyimpanan itu sendiri, namun tentu membutuhkan dana dan biaya lebih besar. Karena itu menyewa adalah pilihan terbaiknya. Trend yang sedang berkembang saat ini adalah menyewa colocation untuk menyimpan server data yang terjamin keamanannya.

Manfaat Menggunakan Layanan Colocation

Lalu apa sebenarnya colocation itu? Istilah ini mengacu pada fasilitas berupa tempat yang biasanya berbentuk rak tempat menyimpan server. Rak ini terdapat di dalam data center. Jika diibaratkan, data center adalah sebuah ruang  besar dengqb fasilitas pendukung yang sesuai standard yang dibutuhkan, maka colocation ini adalah rak-rak atau ruangan lebih kecil yang terdapat di dalam data center tersebut. Baik data center maupun rak penyimpanan server ini tidak dikelola sendiri oleh perusahaan melainkan disediakan oleh pihak ketiga. Seperti salah satu yang menyediakan layanan ini adalah Nexdata yang bisa diakses di laman NEX

Mengapa layanan rak penyimpanan dan perawatan sistem serta hardware server dipercayakan kepada pihak ketiga yang menyediakan layanan colocation? Ini karena menyewa rak penyimpanan dan perawatan sistem dan hardware server ini akan memberikan manfaat lebih kepada penggunanya. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Berikut beberapa diantaranya.

1. Keamanan Data Lebih Terjamin

Manfaat paling utama dari penggunaan fasilitas rak penyimpanan dan perawatan komputer server ini adalah memberikan jaminan keamanan data bagi penggunanya.  Selain fasilitas keamanan fisik seperti yang disediakan oleh data center yang menjamin dari resiko bencana dan gangguan virtual lainnya, penggunaan rak penyimpanan server ini juga mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ketika pemadaman listrik. Jika listrik padam dan server tidak bekerja, maka bisa dipastikan perusahaan akan merugi. Karena itu, dengan manfaat ketersediaan energi yang terjamin tentu akan memberikan manfaat lebih lainnya kepada perusahaan.

2. Efisiensi biaya

Manfaat lain yang tak boleh dianggap remeh adalah dari segi biaya atau budget. Dibandingkan dengan membuat sendiri fasilitas penyimpanan dan perawatan hardware server, menyewa fasilitas seperti colocation ini tentu lebub efisien. Membuat sendiri fasilitas ini tentu membutuhkan biaya lebih, untuk menyiapkan tempat dan peralatan yang dibutuhkan, belum lagi perawatan. Apalagi jika perusahaan terus berkembang dan server yang dibutuhkan semakin besar, tentu pengeluaran juga akan semakin besar. Karena itu, menyewa atau menggunakan layanan penyewaan rak penyimpanan server ini bisa menjadi alternatif utama yang akan membuat biaya pengeluaran lebih efektif.

3. Dukungan dan Layanan Teknis 24 Jam

Manfaat terakhir yang pasti Anda dapatkan jika menggunakan layanan atau fasilitas ini adalah mendapatkan layanan dan dukungan teknis selama 24 jam dalam 7 hari. Artinya, layanan teknis ini siapa kapan saja Anda membutuhkan bantuan ketika mengalami kendala saat menggunakan layanan rak penyimpanan server ini. Dengan begitu ketika terjadi kendala tidak sampai mempengaruhi kinerja server yang pada akhirnya akan berdampak pada kerugian perusahaan.

Dengan semua manfaat yang ditawarkan tersebut, tak heran jika kini layanan atau fasilitas colocation ini banyak digunakan sebagai pilihan utama Penyimpanan dan perawatan hardware server. Mendapatkan manfaat yang besar dengan biaya yang efisien tentu akan memberikan keuntungan lebih bagi perusahaan pengguna layanan tersebut.