Sekolah Pilot Murah
Sekolah Pilot Murah

Menjadi pilot adalah dambaan bagi banyak anak laki-laki ketika mereka masih kecil (dan sebagian anak perempuan juga). Rasanya gagah, mampu menerbangkan burung besi di angkasa dan memakai seragam pilot tersebut. Namun ketika mereka besar, kenyataan harus berbicara lain, yaitu bahwa sekolah untuk menjadi pilot itu butuh biaya besar. Sekolah pilot murah, apakah ada?

Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan ketika Anda akan memasuki tempat yang diklaim sebagai sekolah penerbangan murah. Anda harus melihat dulu untuk apa saja biaya yang keluar:

  1. Lisensi

Untuk menjadi seorang pilot, Anda harus mempunyai lisensi. Biasanya paket ini mencakup Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rating (IR). Ada juga yang menawarkan Multi Engine Rating (MER).

  1. Instruktur

Supaya Anda bisa menjadi pilot berkualitas, Anda tentu butuh instruktur yang berpengalaman, dengan jam terbang tinggi. Instruktur seperti ini akan membuat biaya juga semakin tinggi. Kalau tarifnya rendah, bisa jadi instruktur itu adalah mereka yang lulusan sekolah itu sendiri, dan masih kurang pengalamannya.

  1. Pembelajaran di kelas

Atau yang biasa disebut dengan ground school. Di sini, Anda akan diajarkan berbagai teori penerbangan, sejarah, mesin, dll. Biayanya sendiri tentu tak murah.

Ketiga hal di atas adalah komponen penting yang harus Anda perhatikan ketika menghitung-hitung biaya sekolah. Namun waspada juga dengan biaya tambahan seperti:

  • Ujian

Untuk ujian, Anda jelas harus membayarnya, termasuk tes untuk IELTS/TOEFL. Namun kadang beberapa sekolah tidak memberikan rincian ini demi membuat tarifnya terlihat ringan.

  • Akomodasi dan makan

Sebagai kadet, Anda tentu harus tinggal di sekolah itu sendiri, dan itu berarti membayar tempat tinggal dan makan sehari-hari.

  • Seragam

Biaya seragam juga harus diperhitungkan, karena harganya sendiri bisa cukup membebani.

Periksa dulu semua komponen di atas ketika Anda melihat ada promosi tentang sekolah pilot murah. Sudahkah mereka memberikan rincian tentang apa saja biaya yang akan diperlukan? Kalau belum, bertanyalah terlebih dahulu sehingga Anda tidak terlanjur kecewa. Carilah sekolah yang mau memberi beasiswa atau pinjaman, seperti Java Europe Flight School, sehingga beban biaya Anda lebih ringan.