gejala kesehatan kanker mulut rahim

Penyakit ini muncul di daerah serviks, tepatnya terletak di antara uterus dengan vagina. Penyebabnya sendiri 99% disebabkan virus yang disebut dengan human papilloma virus atau HPV onkogenik, dan jika sudah memasuki stadium lanjut, maka penyakit akan tersebar ke berbagai organ tubuh dan berakibat fatal. Karena gejala kanker mulut rahim pada stadium awal nyaris tidak bisa dilihat, maka Anda harus selalu waspada.

 

Ciri-ciri kanker mulut rahim di awal yang sulit dilihat menyebabkan penyakit ini baru terdeteksi setelah seseorang sudah mengalami stadium lanjut. Karena itulah, lihat daftar berikut ini dan perhatikan apakah Anda termasuk yang rentan terkena penyakit ini:

 

  1. Perokok, karena nikotin akan meningkatkan kemungkinan di mana sel-sel abnormal tumbuh di uterus.
  2. Wanita usia 35-50 tahun, terutama yang telah aktif berhubungan seksual sebelum usia 16 tahun mempunyai risiko 2 kali lebih besar terkena.
  3. Wanita yang mempunyai pasangan seksual banyak atau sering berganti-ganti.
  4. Wanita yang mempunyai anak lebih dari 3 juga rawan terkena penyakit ini.
  5. Kurang mengonsumsi vitamin A, C, dan E.

Jika Anda termasuk salah satu di atas, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan Pap Smear ke dokter untuk memeriksa apakah ada sel-sel yang tidak normal di uterus Anda. Faktor dan Gejala kanker mulut rahim tahap awal tidak mudah dilihat, namun dengan tes tersebut, Anda bisa mendeteksinya lebih dini. Melakukan vaksinasi terhadap HPV juga termasuk efektif, apalagi bagi yang belum pernah berhubungan seksual.