Saat ini, kemajuan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak sekali jenis teknologi yang saat diciptakan oleh manusia. Dan diantara sekian banyak jenis teknologi yang ada saat ini, teknologi di bidang kesehatan adalah salah satunya.

Ya, teknologi selain digunakan untuk usaha atau bisnis, ternyata juga bisa digunakan untuk membantu para dokter dan para ahli kesehatan lainnya pada saat mereka memberikan layanan kepada semua pasien – pasiennya. Penggunaan teknologi kesehatan tersebut bisa digunakan untuk mendeteksi secara lebih tepat lagi tentang sebuah penyakit, memberikan tindakan penyembuhan yang lebh efektif dan lain – lain.

Ada beberapa jenis teknologi di bidang kesehatan yang harus anda ketahui. Adapun beberapa jenis teknologi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Alat Pirau. Pirau adalah unsur atau alat untuk menyimpangkan aliran atau arus melalui suatu sistem. Alat pirau ini digunakan untuk mengalirkan kelebihan cairan otak di dalam rongga otak menuju ke rongga perut dimana di dalam rongga perut cairan akan diserap kembali ke dalam sirkulasi darah. Keunggulan sistem ini terdapat pada katup semilunar yang berfungsi untuk mencegah cairan masuk kembali ke dalam rongga kepala dan mengatur aliran sehingga tidak banyak terpengaruh aktivitas pasien. Adapun tonjolan antiselip dimaksudkan untuk mengantisipasi bahaya selang kateter terhisap ke dalam rongga otak . Bahaya ini bisa menyebabkan kematian pasien.
  2. Foto Terapi. Foto terapi merupakan salah satu bentuk teknologi terapi untuk bayi dengan hiperbilirubinemia dengan menggunakan lampu fluoresen biru atau putih. Bilirubin mengabsorpsi sinar dengan rentang panjang gelombang 450 sampai 460 nanometer (nm). Lampu biru dengan keluaran panjang gelombang sinar yang paling efektif antara 425 sampai 475 nanometer. Ketahanan lampu ini dapat berfungsi sampai kurang lebih 2000 jam ( Lawson,E.E., 1984).
  3. Resusinator  untuk Bayi. Teknologi yang murah dan sederhana yang mampu mempertahankan bayi bertahan hidup di luar tempat penampungan dan di desa-desa.
  4. Jenis teknologi di bidang kesehatan lainnya adalah Radiografi Digital. Alat ini yang mengubah teknologi analog menjadi digital ini satu-satunya di Indonesia, sekali pengambilan gambar dihasilkan 20 citra sehingga dosis penggunaan X-ray sangat rendah, dapat dirakit di dalam negeri dengan kandungan lokal 70%, biaya operasi dan biaya sistem murah, harganya terjangkau bagi Rumah Sakit atau Puskesmas serta biaya pemeriksaan murah bagi pasien.