Masyarakat dunia saat ini sedang was-was dengan pandemic virus corona atau covid 19 yang telah merenggut banyak nyawa manusia. Di Indonesia sendiri penyebaran virus ini sudah merata di hampir semua propinsi. Masyarakat harus waspada karena ada banyak benda penularan virus corona di sekitar kita.

Kota Wuhan adalah sebuah kota di china yang menjadi tempat pertama kalinya virus ini muncul. Kemunculan virus ini juga menjadi spekulasi banyak orang. Ada yang berpendapat bahwa kemunculan virus akibat dari kebocoran laboratorium biology China di kota itu. Ada juga yang berargumentasi bahwa virus corona sengaja di bawa tentara amerika ke Wuhan.

Spekulasi-spekulasi seperti ini menjadi rumor yang susah dibuktikan. Dari manapun virus corona berasal menjadi tidak penting. Yang paling penting adalah bahwa virus ini telah merenggut banyak nyawa dalam waktu singkat. Penularan virus korona tidak memandang jenis kelamin, umur, strata sosial atau warga negara.

Sekilas tentang virus corona

Sebelum kita bahas tentang benda benda penularan virus corona secara lebih detail, ada baiknya kita ketahui dulu tentang virus corona itu sendiri. Virus corona sebenarnya bukan virus baru karena para ahli telah mendeteksi keberadaan virus corona sejak tahun 1960. Virus ini dipercaya berasal dari binatang seperti kelelawar dan ular jenis tertentu.

Pada awalnya virus corona tidak terlalu menarik perhatian para ilmuwan karena virus ini tidak menimbulkan kematian yang begitu merisaukan. Saat itu virus corona masih dipandang sebagai virus flu biasa yang bisa mati dengan sendirinya. Pada tahun 2002 virus corona mulai menggemparkan dunia karena telah bermutasi menjadi virus baru yang menyebabkan wabah SARS-cov atau Severe Acute Respiratory syndrome.

Pada perkembangannya virus corona ini bermutasi lagi sehingga menyebabkan MERS-COV atau Middle Eastern Respiratory syndrome yang muncul pertama kali di negara-negara Timur Tengah. Mers-cov dan SARS-COV merupakan bentuk evolusi dari virus corona. Virus baru hasil mutasi ini menjadi perhatian para ahli karena virus baru ini jauh lebih berbahaya dari virus generasi pertama.

Tentang Covid 19

Pada akhir Januari 2020 dua warga kota Wuhan terserang virus Corona jenis baru. Setelah dilakukan penelitian, virus baru tersebut merupakan virus corona model baru yang lebih ganas dari SARS-cov maupun MERS-Cov. Pada awalnya media masih menamai virus ini dengan sebutan virus corona. WHO akhirnya menamai virus ganas ini dengan sebutan COVID-19 sebagai virus corona yang telah bermutasi.

Covid 19 merupakan virus corona model baru yang bisa menular dengan cepat. Saat ini virus covid 19 telah tersebar di lebih 183 negara dan terus bertambah. Virus covid-19 dinyatakan sebagai pandemi global. Penderita covid 19 terbanyak berada di negara China, Korea Selatan, Iran dan Italia. Di tiga negara ini Covid 19 merenggut banyak nyawa manusia.

Benda benda yang menularkan covid -19

Covid 19 adalah virus baru yang sangat berbahaya, bukan saja bisa menimbulkan kematian tetapi tetapi juga bisa menular dengan cepat. Menurut para ahli, penularan virus corona terjadi dengan dua cara yaitu droplet percikan atau tetesan dan airborn atau melalui udara. Ada banyak benda penularan virus corona di sekitar kita yang patut kita waspadai.

Hampir semua benda yang terkena tetesan atau percikan dari cairan penderita corona berpotensi untuk menjadi media transfer virus.

  • Tissue atau sapu tangan bekas penderita adalah benda penularan virus corona yang paling berbahaya. Perlu diketahui tisu dan sapu tangan bekas biasanya memiliki kelembapan tinggi. Virus corona sendiri bisa bertahan hidup lebih lama di udara dengan kelembaban tinggi.
  • Uang logam maupun kertas. WHO memang tidak pernah menyatakan bahwa uang bisa menjadi media transfer virus corona. Tetapi secara logika uang bisa menjadi media transfer virus corona.
  • Tinja penderita. Meski ini jarang terjadi, penularan melalui tinja penderita covid 19 juga harus diwaspadai.

Benda Penularan virus corona bisa berupa apa saja asalkan benda tersebut terkena percikan atau tetesan cairan dari penderita. Agar lebih jelas tentang penularan virus corona silahkan cek tautan di bawah ini: https://www.cekaja.com/info/hindari-ini-7-benda-yang-menjadi-penularan-virus-corona/