Penderita kencing manis atau diabetes sangat dituntut untuk dapat mengatur pola makannya agar lebih baik. Terutama dalam memilih mana yang boleh dan mana yang tidak boleh untuk dikonsumsi. Penderita penyakit tersebut  juga dituntut agar setiap penderitanya mengkonsumsi berbagai makanan untuk gula darah agar kadarnya dapat senantiasa seimbang dan terkontrol. Ada banyak jenis makanan tersebut dan berikut akan saya paparkan beberapa diantaranya yang termasuk ke dalam kategori buah-buahan sebagai referensi kesehatan untuk anda:

1 . Blueberry

Buah ini mengandsung kandungan serat yang sangat baik untuk menghilangkan lemak dari dalam tubuh. Serat tersebut bahkan mampu mengontrol atau mengendalikan kadar gula, dengan demikian mengkonsumsi makanan untuk gula darah yang satu ini akan sangat cocok untuk dimakan setiap hari.

2 . Buah Citrus

Buah yang termasuk kepada buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon dan grapefruit mengandung vitamin C dan serat dalam jumlah yang sangat tinggi. Buah-buahan tersebut juga memiliki kandungan gula alami fruktosa yang tidak akan meningkatkan gula darah pada tubuh secara signifikan. Bahkan kandungan antioksidan antingerin yang terdapat dalam buah-buahan tersebut mampu mencegah obesitas.

3 . Tomat

Penelitian yang pernah dilakukan di Australia melaporkan bahwa jika setiap orang mengkonsumsi jus tomat setiap hari maka akan mampu mengurangi risiko penggumpalan darah yang juga sangat sering terjadi pada penderita diabetes atau gula darah.