Koalisi yang terjalin antara Saudi dan UEA dalam memerangi pejuang Houthi di Yaman kini menjadi berita Timur Tengah terkini. Kedua negara yang berkoalisi melakukan serangan udara ke daerah Hodeidah, Yaman waktu setempat. Serangan tersebut menimpa sebuah pelabuhan perikanan dan pasar ikan pelabuhan Laut Merah Hodeidah, Yaman.

Sumber-sumber berita Timur Tengah terkini yang diperoleh matamatapolitik.com mengatakan sedikitnya ada 20 orang yang tewas, serta melukai lusinan orang. Serangan itu dijatuhkan dekat Rumah Sakit Umum utama kota, Al-Thawra. “Jumlah orang yang tewas dalam dua serangan itu mencapai 20,” kata seorang dokter kepada kantor berita AFP.

Petugas penyelemat bahkan melihat bagian tubuh di seluruh pasar ikan yang menjadi target serangan udara Saudi – UAE. “Pasar ikan hanya berjarak 20 meter dari Rumah Sakit al-Thawra, yang merupakan salah satu dari segelintir fasilitas medis yang masih beroperasi di sana,” kata wartawan Al Jazeera, Mohammed Adow.

Kantor Berita Reuteurs menyebutkan bahwa jumlah korban tewas mencapai 26, sementara kantor berita SABA yang berafiliasi dengan Houthi menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 30 orang, serta korban luka sebanyak 50 orang dalam kondisi kritis. Rumah Sakit al-Thawra menerima bantuan dukungan dari Palang Merah Internasional berupa persediaan perlengkapan medis yang diperkirakan akan mencukupi kebutuhan untuk mengobati pasien yang kondisinya kritis.

Serangan itu dibantah oleh juru bicara koalisi, Kolonel Turki al-Malki kepada saluran berita satelit Al-Arabiya, koalisi tidak melakukan serangan terhadap Horeida, namun menyalahkan pejuang Houthi. Sementara pihak berwenang Hodeidah mengatakan serangan udara yang kemarin melanda kotanya sangat tidak terduga. Menurutnya, baik pejuang Houthi dan koalisi Saudi-UAE telah mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan permusuhan di dalam dan di sekitar pelabuhan Hodeidah. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan upaya perdamaian PBB.

Sementara itu, utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, mengumumkan bahwa sebagai upaya terakhir untuk mengakhiri perang saudara di Yaman, ia akan mengundang pihak-pihak yang bertikai untuk berunding di kota Jenewa di Swiss. Perang saudara antara pejuang Houthi dengan pemerintah Yaman — yang dibantu oleh koalisi Saudi dan UAE — ini terjadi sejak tahun 2014.

Matamatapolitik.com senantiasa memberikan berita Timur Tengah terkini untuk para pengunjung situsnya. Hal ini sesuai dengan visi perusahaan yang berada di bawah naungan bendera PT Digital Vision Publishing (DVP), yakni menjadi yang terdepan dalam menghadirkan jurnalisme lokal dan internasional yang bermakna, aktual dan terkini untuk dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia akan informasi harian dunia politik.