cara alami menghilangkan ketombe
cara alami menghilangkan ketombe

Setiap orang pasti memiliki masalah tersendiri untuk kulit kepala yang mereka miliki sebab semua orang memiliki jenis kepala yang berbeda-beda, seperti ada yang memiliki jenis kulit kepala kering, berminyak, normal, sensitif, dan jenis kulit kepala lainnya. Jika anda kurang rajin dalam memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit kepala maka tidak menutup kemungkinan berbagai macam penyakit kulit kepala dapat menyerang kulit kepala anda, terutama ketombe. Ketombe dapat muncul dikarenakan kulit kepala anda kering, anda mengalami peradangan pada kulit kepala, kemudian anda mengalami penumpukan sel kulit mati pada kulit kepala anda, dan akibat adanya jamur malasseiza yang menyerang kulit kepala anda dengan memecah kelenjar minyak pada kulit kepala kemudian dijadikan sebagai makanannya, sehingga anda akan membutuhkan bantuan dari shampo anti ketombe yang sesuai dengan jenis kulit anda atau anda dapat menggunakan cara alami menghilangkan ketombe diantaranya dengan beberapa cara di bawah ini.

Pertama, anda dapat menggunakan baking soda untuk melakukan scrubbing pada kulit kepala anda, cara pemakaian sebagai berikut.

  1. Basahi rambut.
  2. Ambil 1 sendok makan baking soda dan letakkan  di tangan.
  3. Gosokan secara lembut baking soda pada kulit kepala.
  4. Bilas dengan air bersih hingga tidak ada baking soda yang menempel.

Kedua, anda juga dapat menggunakan cuka apel yang memiliki sifat asam yang dapat merubah Ph dalam kulit kepala agar tidak ditinggali oleh jamur penyebab ketombe. Cara pemakaian sebagai berikut.

  1. Gunakan semprotan kosong.
  2. Isi dengan ¼ cuka apel tambahkan ¼ air bersih.
  3. Semprotkan pada kulit kepala anda.
  4. Bungkus dengan handuk selama 30-60 menit.
  5. Bilas dengan air dan lakukan 2 minggu sekali hingga ketombe hilang.

Beberapa cara di atas dapat anda lakukan sebagai cara alami menghilangkan ketombe atau anda dapat menggunakan shampoo clear sebagai shampo anti ketome terbaik yang sesuai untuk semua jenis kulit anda.