cara alami menghilangkan ketombe
cara alami menghilangkan ketombe

Cara alami menghilangkan ketombe – Rambut berketiombe sangat menggangu Anda bukan? Kondisi seperti ini sering membuat kita tidak percaya diri dan juga tidak bebas memakai baju berwarna gelap. Selain itu, ketombe juga membuat rambut kita gatal dan membuat perilaku kita sedikit memalukan karena kita sering menggaruk-garuk kepala. Maukah Anda tahu bagaimana cara alami menghilangkan ketombe? Dalam artikel ini kami akan ulas secara detail.

Ketombe dapat muncul akibat kulit kepala yang kering, peradangan pada kulit kepala, penumpukan sel kulit mati pada kepala, dan juga akibat adanya jamur pada kulit kepala yang dikenal dengan nama malasseiza. Jamur ini dapat memecah kelenjar minyak yang ada di kulit kepala dan menjadikannya sebagai makanan. Kemudian, jamur malasseiza akan menghasilkan produk asam lemak yang dapat membuat kulit kepala menjadi gatal dan mudah kering sehingga membentuk ketombe.

Lantas bagaimana cara alami menghilangkan ketombe? Banyak sekali sampo yang ditawarkan di pasaran untuk menghilangkan ketombe. Namun, tak jarang sampo tersebut malah membuat kulit kepala menjadi sensitif dan teriritasi. Jika kulit kepala Anda termasuk salah satu yang sensitif.

Anda harus mencoba beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami dibawah ini:

1. Sari lemon

cara alami menghilangkan ketombe
cara alami menghilangkan ketombe

Cara menghilangkan ketombe yang pertama adalah dengan menggunakan lemon. Lemon memiliki tingkat keasaman yang dapat membantu menjaga pH kulit kepala agar tetap seimbang. Hal ini akan mencegah jamur tinggal di kulit kepala dan menghasilkan ketombe. Selain itu lemon juga berperan sebagai agen anti bakteri dan anti jamur yang dapat secara langsung membunuh jamur penyebab ketombe.

2. Baking soda

cara alami menghilangkan ketombe
cara alami menghilangkan ketombe

Anda dapat menggunakan baking soda untuk melakukan scrubbing pada kulit kepala Anda. Hal ini dimaksudkan untuk mengupas dan mengangkat sel-sel kulit kepala yang telah mati agar tidak menumpuk dan membentuk ketombe. Selain itu, baking soda juga dapat menghambat pertumbuhan jamur pada kulit kepala dan mencegah kulit kepala mengalami gatal-gatal.

Jika masih saja ketombe Anda tidak hilang, maka kami sarankan untuk rutin memakai sampo Clear anti ketombe, karena sampo ini mampu untuk menghilangka ketombe Anda. Dengan cara alami menghilangkan ketombe serta menambahkan rutin memakai sampo ini, Anda akan dijauhkan dari ketombe.