Cara Hidup Bersih Untuk Menjaga Kesehatan Anak

Cara Hidup Bersih Untuk Menjaga Kesehatan Anak

Keceriaan si buah hati merupakan prioritas utama bagi seorang ibu maka tak heran jika sebagian besar ibu lebih protektif kepada anak-anak mereka. Untuk menjaga si kecil tetap ceria maka Bunda harus menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan si kecil adalah dengan membiasakan diri untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar karena bibit penyakit banyak bersarang ditempat yang kotor. Mengajarkan kebiasaan hidup bersih kepada anak dapat dilakukan dengan menerapkan hal-hal kecil, diantaranya adalah:

1. Mencuci Tangan

Tangan merupakan sarana yang mudah untuk menularkan bibit penyakit. Bunda dapat mengajarkan kepada si kecil untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara membiasakan mencuci tangan sebelum makan, sebelum tidur, dan setelah bermain diluar. Diare banyak ditularkan melalui telapak tangan yang kotor saat memegang makanan, jadi kebiasaan mencuci tangan harus diajarkan sejak dini.

2. Mandi Minimal 2 Kali Sehari

Untuk menjaga kebersihan tubuh maka si kecil harus mandi minimal 2 kali sehari dengan sabun Zwitsal yang mampu membersihkan kuman dan bakteri yang menempel serta memberikan kelembutan dan keharuman segar pada kulit si kecil.

3. Menggosok Gigi

Sisa makanan yang menempel di gigi akan menjadi sarang bakteri jika tidak dibersihkan dengan benar. Bunda harus mengajarkan si kecil agar selalu menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur agar gigi tetap sehat dan kuat.

4. Mengganti Pakaian Yang Kotor

Saat bermain tentu si kecil akan berkeringat dan menempel di pakaian yang mereka pakai. Keringat yang menempel dipakaian dalam waktu yang lama dapat menimbulkan bau tak sedap dan sarang jamur serta bakteri penyebab gatal. Bunda harus mengajarkan si kecil agar mengganti pakaian jika setelah bermain seharian diluar rumah.

5. Memotong Kuku

Kuku yang panjang merupakan tempat bersarangnya kotoran dan kuman penyebab diare dan penyakit lainnya. Bunda harus mengajarkan kepada si kecil agar rutin memotong kuku jika telah panjang agar tangan lebih bersih dan bebas dari bakteri.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan si kecil hidup bersih sehingga kesehatannya terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.