Perencanaan keuangan pribadi

Cara Jitu Memulai Perencanaan Keuangan Pribadi – Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memulai perencanaan keuangan pribadi agar lebih tepat dan mendatangkan manfaat. Hampir sebagian besar orang memiliki masalah dalam mengelola keuangan pribadinya. Hal ini wajar saja mengingat banyaknya barang pemuas kebutuhan namun tidak sejalan dengan sokongan finansial. Ketimpangan akan sering terjadi apabila tidak mampu mengendalikan hasrat untuk berbelanja. Hal ini tidak hanya terbatas untuk kaum perempuan saja namun juga untuk laki-laki.

Perencanaan keuangan pribadi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mulai menjadi manajemen keuangan pribadi yang lihai dan menghasilkan. Berikut cara yang bisa dipilih:

Baca juga : Beberapa Tips Mengatasi Masalah Keuangan Keluarga Baru

  1. Bagi pendapatan dan sisakan untuk dana tabungan, lakukan secara rutin meskipun hanya beberapa puluh ribu setiap bulannya.
  2. Jangan habiskan waktu luang untuk jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau tempat belanja lainnya sebab merupakan penyebab kegagalan mengelola keuangan.
  3. Alihkan uang yang terkumpul ke dalam bentuk investasi entah untuk membeli barang yang bisa dijual kembali atau membuka usaha.

Langkah mudah mengawali perencanaan keuangan yang baik ialah dengan hidup hemat sehingga pendapatan tetap ada sisanya. Lanjutkan dengan kebiasaan menabung, baik tabungan dana tunai atau tabungan barang berharga yang memiliki nilai jual. Jangan hamburkan uang yang Anda hasilkan untuk sekedar bersenang-senang, sebab hidup bukan untuk bersenang-senang semata. Ada banyak orang yang menunggu untuk kita bahagiakan maka mulailah menjadi perencanaan keuangan pribadi yang bijak sejak dini.

Memiliki kebiasaan untuk menabung menjadi bagian penting dari perencanaan keuangan pribadi dan layak untuk dimulai sejak dini. Siapa yang gemar menabung maka akan memiliki peruntungan hidup yang lebih baik dan lebih bermanfaat. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dengan membiasakan diri untuk menabung. Membiasakannya tidak harus selalu menabung setiap bulan atau dengan jumlah yang sangat besar.

Mulailah menabung sedikit demi sedikit, bisa ditabung sendiri di rumah atau memilih mempercayakannya di bank. Berbicara mengenai bank, maka dalam menjadi manajemen keuangan pribadi yang baik kita perlu tahu manfaatnya. Berikut manfaat menabung lewat bank:

  1. Konsumsi uang menjadi lebih teratur sebab perlu mengambil uang dulu atau menggesek kartu debit saat berbelanja.
  2. Ada kesempatan untuk mendapatkan bunga tabungan, meskipun tidak terlalu besar namun lumayan terlebih jika nominal uang yang ditabung besar.
  3. Memiliki kesempatan pula untuk memenangkan berbagai hadiah, sebab ada banyak moment pembagian hadiah oleh pihak bank.
  4. Lebih aman, tidak ada resiko hilang atau terjadi pencurian.

Agar bisa menikmati beragam manfaat tersebut ada baiknya memilih bank yang sudah terpercaya dan fasilitas tabungannya memenuhi harapan. Cari bank yang lokasinya mudah dijangkau, baik kantor pusat maupun cabang pembantu untuk kemudahan setor tunai. Rajin menabung meskipun sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Keahlian dalam perencanaan keuangan pribadi pun akan semakin terasah dan memberikan manfaat ganda.

Ketika merasa gagal dalam perencanaan keuangan pribadi maka bisa disebabkan oleh kurang disiplinnya mengontrol pengeluaran yang dilakukan. Meskipun sudah bekerja sendiri dan bisa menghasilkan uang darinya tetap saja harus digunakan secara bijak. Sebab akan ada banyak alur cerita hidup yang masih panjang dan mau tidak mau harus siap dijalani. Ada kalanya kondisi yang kurang nyaman menghampiri dan lebih sering berhubungan dengan finansial.

Menyiasati keadaan memang tidak bisa dilakukan secara instan, maka persiapkan menjadi manajemen keuangan pribadi dengan menabung. Bagi Anda yang merasa sulit menabung maka bisa memulainya dengan tips cerdas berikut:

  1. Selalu mencatat semua pembelanjaan dalam sebulan sehingga lebih mengetahui nilai uang yang dibelanjakan dan menekan belanja berikutnya jika melebihi kuota.
  2. Jika memiliki hutang di bank atau di lembaga pembiayaan lain maka segera lunasi sebab bunga pinjaman sangat tinggi.
  3. Miliki impian yang besar, semisal target tabungan setahun satu miliar, sehingga menjadi semangat untuk terus menabung semaksimal mungkin.

Menabung menjadi salah satu jalan berinvestasi yang paling mudah, sebab nyaris tidak ada resiko dan justru sebaliknya. Uang tabungan yang terkumpul bahkan bisa diambil sewaktu-waktu sehingga menjadi sumber dana cadangan untuk kebutuhan yang datang secara mendadak. Hidup itu singkat dan hanya sekali, jangan hanya menjadi orang yang biasa. Jadilah orang yang luar biasa dan jadilah kaya lewat gemar menabung. Sebab perencanaan keuangan pribadi dengan menabung kaya berkah untuk siapapun!