cara membersihkan perhiasan emas
cara membersihkan perhiasan emas

Emas merupakan salah satu perhiasan yang banyak dilirik dan menarik minat banyak orang. Dengan menggunakan perhiasan emas dapat menunjang penampilanmu sehingga semakin anggun, cantik, dan juga elegan. Perhiasan emas tidak hanya dapat digunakan oleh kaum wanita saja, tapi dapat juga digunakan oleh para pria. Namun, perhiasan emas selain digunakan dan dikenakan juga membutuhkan perawatan. Kamu perlu mengetahui cara membersihkan perhiasan emas yang tepat agar selalu awet dan tahan lama.

Perhiasan emas harus dibersihkan dan dirawat secara rutin agar tidak menjadi kusam karena debu dan kotoran yang menempel selama menggunakannya. Dengan rutin melakukan perawatan pada perhiasan emas maka kilauan emas pun tidak mudah pudar dan tetap terlihat cantik. Perhatikan beberapa cara membersihkan perhiasan emas berikut ini.

cara membersihkan perhiasan emas
cara membersihkan perhiasan emas

1.Menggunakan sabun cuci piring

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan sabun cuci piring yang dicampur dengan air hangat. Cara membersihkan perhiasan emas satu ini sangat ampuh untuk membersihkan debu dan kotoran pada sela-sela cincin. Perlu diingat, cukup hanya dengan menggunakan air hangat dan tidak boleh air yang terlalu panas apalagi mendidih karena hal tersebut malah dapat merusak lapisan emas.

Cara membersihkan seperti ini dapat kamu lakukan setelah menggunakan perhiasan selama sehari pemakaian.

2. Menggunakan amonia

Amonia merupakan jenis senyawa kimia yang terasa seperti logam alkali dan sabun. Bahan kimia satu ini juga memiliki bau yang sangat menyengat. Dengan menggunakan bahan kimia ini, kamu dapat membersihkan perhiasan emas hingga berkilau seperti semula.

Cukup dengan mencampur sedikit amonia ke dalam sebuah gelas atau wadah kecil untuk membersihkan perhiasan emas dan rendam selama satu menit. Setelah itu angkat menggunakan pinset dan bilas dengan air bersih. Keringkan dengan kain lembut. Perlu diingat, jangan merendam perhiasan emas dengan campuran amonia terlalu lama karena pada dasarnya amonia merupakan cairan yang bersifat korosif.

3. Menggunakan pinset 

Bagi kamu yang memiliki perhiasan emas yang memiliki banyak motif, akan jauh lebih baik jika membersihkannya dengan menggunakan pinset. Namun, untuk membersihkan kotoran yang terselip pada motif-motif perhiasan tidak cukup hanya dengan menggunakan air saja.

Kamu harus mengeluarkan setiap kotoran pada sela-sela motif dengan menggunakan pinset secara perlahan. Jika tidak ada pinset, kamu bisa mencari gantinya dengan benda lainnya seperti jarum, peniti, atau benda lainnya dengan ujung yang tipis.

4. Menggunakan alkohol

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan alkohol. Ketika kamu sedang menggunakan perhiasan emas seperti cincin misalnya, kemudian sehabis makan-makanan yang berlemak maka kotoran seperti minyak, lemak, dan bekas makanan lainnya pun akan ikut menempel pada cincin tersebut. Maka kamu dapat menghilangkan kotoran tersebut dengan menggunakan alkohol.

Sebelum membersihkannya baik dengan cara merendam atau sekedar mengelapnya, perhatikan perhiasan emas tersebut apakah seluruhnya emas atau terdapat bahan lainnya yang rentan dengan alkohol. Apabila terdapat bahan selain emas, maka lebih baik menggunakan cottonbud untuk membersihkannya guna menghindari kerusakan pada perhiasan yang kamu kenakan.

5. Menggunakan baking soda dan cuka

Yang terakhir kamu dapat menggunakan baking soda dan cuka untuk membersihkan perhiasan emas kamu. Kamu cukup mencampur baking soda dengan segelas air hangat dan merendam perhiasan tersebut ke dalamnya selama 2 menit. Jika sudah, angkat dan keringkan dengan menggunakan kain lembut. Setelah itu teteskan sedikit cuka pada emas. Baru kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Tapi, jika pada perhiasan emas terdapat batu permata atau mutiara, maka jangan membersihkannya dengan menggunakan baking soda dan cuka karena hal ini dapat membuat lemnya longgar dan juga merusak permukaan batu permata dan mutiara.