C

Memiliki tubuh atletis selain meningkatkan penampilan juga bisa menjadi salah satu cara untuk menambah kepercayaan diri. Apalagi untuk para pria yang ingin tampil sempurna dalam setiap kesempatan. Salah satu bagian tubuh yang paling terlihat bentuknya adalah bagian dada dan berikut ini ada cara membesarkan otot sayap agar penampilan anda semakin sempurna.

1. Barbel Bench Press

Menu latihan yang pertama untuk cara membesarkan otot sayap adalah dengan melakukan barbel bench press. Hanya saja karena barbel ini termasuk latihan berat, maka tidak sedikit yang menggantinya dengan menggunakan dumbbell. Hanya saja untuk latihannya, sebaiknya ditemani pelatih atau anda melakukannya di gym untuk menghindari cidera.

2. Cable Crossover

Pilihan latihan kedua untuk meningkatkan bagian otot sayap adalah melakukan Cable Crossover.  Beberapa studi bahkan menunjukkan manfaat dari latihan ini sebagai cara membesarkan otot sayap yang efektif. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menarik kabel yang ujungnya diberi mesin pemberat.

Ada setidaknya 3 variasi untuk melakukan Cable Crossover yakni variasi dengan posisi lengan diatas, posisi lengan di tengah dan yang terakhir posisi lengan dibawah. Dalam latihannya disarankan menggunakan jasa pelatih agar latihan ini optimal dan menghindari cidera otot.

3. Lateral Raise

Menu latihan selanjutnya untuk membesarkan otot sayap adalah melakukan menu latihan Lateral Raise. Pola latihan ini menggunakan alat berupa dua buah dumbbell yang sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan anda. Caranya dengan membawa dumbbell dan mengangkatnya seperti mengepakkan sayap. Menu latihan ini bisa anda lakukan di rumah dan bisa diganti alatnya.

Hanya saja sebagai peringatan, jangan memaksakan membawa beban yang terlalu berat atau otot anda akan mengalami robek dan hasilnya anda akan mengalami cidera. Ada beberapa variasi yang bisa dilakukan seperti membawa dumbbell ke arah depan. Lakukan dengan mendengarkan musik agar anda lebih semangat lagi.

4. Dumbbell Shrugs

Menu latihan selanjutnya adalah Dumbbell Shrugs. Sepertinya dumbbell menjadi alat yang bisa menemani anda dalam setiap latihan dan bagian dari cara membesarkan otot sayap. Bahkan didukung dengan data bahwa menu latihan ini sangat efektif. Tak hanya itu saja, latihannya yang cukup mudah bisa anda coba di rumah.

Caranya memposisikan tangan dengan pantat namun tidak menyentuh paha, pastikan posisi lengan lurus jangan bengkok pada siku, setelah itu naikkan bahu setinggi-tingginya tanpa menggerakan lengan dan ditahan dengan waktu 2 hingga 3 detik. Saat menaikkan bahu, tarik napas anda dan saat melepaskannya lepaskan juga napas anda.

5. Wide Grip Pull-Ups

Pull-ups juga bisa menjadi latihan efektif untuk membesarkan otot sayap. Hanya saja untuk melakukan latihan ini tidak boleh asal karena merupakan latihan yang cukup berat meski hasilnya menggoda seperti membentuk punggung agar terlihat seperti V. Alatnya juga mudah yang penting dapat menopang beban tubuh anda ketika naik.

Pastikan genggaman tangan anda cukup jauh. Sebagai awal anda bisa memulainya dengan bergelantungan saja hingga otot semakin kuat. Jika sudah cukup kuat, lipat siku dengan otot punggung kemudian angkat tubuh anda hingga dagu menempel bar. Atur napas agar anda memiliki tenaga untuk mendorong ke atas.

Itulah beberapa cara atau menu latihan yang bisa anda coba untuk membesarkan otot sayap anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan semoga anda bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.