Virus Covid 19 memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi. Membersihkan tangan sesering mungkin dengan  menggunakan hand sanitiser bisa mencegah terjadinya penularan Covid 19. Jika kesulitan mendapatkan hand sanitiser di toko, anda tidak usah khawatir karena kita akan bahas tentang cara membuat hand sanitizer di rumah dengan menggunakan bahan bahan alami.

Gencarnya berita tentang pandemic Covid 19 membuat banyak orang merasa panik. Mereka berusaha semaksimal mungkin melindungi diri dan keluarga dari serangan virus Covid 19. Hal ini membuat masker dan hand sanitizer menjadi langka di pasaran. Jika anda menemukan hand sanitiser di toko atau apotik, harganya menjadi sangat mahal.

Kelangkaan hand sanitiser ini bukannya tidak di ketahui oleh pemerintah. Mereka terus berusaha menyediakan permintaan hand sanitizer yang terus meningkat. Mengatasi melonjaknya permintaan hand sanitiser diperlukan waktu.  Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk membuat hand sanitiser sendiri. Cara membuat hand sanitizer sendiri sebenarnya tidaklah sulit.

Pengertian hand Sanitizer

Sebelum kita bahas tentang cara membuat hand sanitiser ada baiknya kita pahami terlebih dahulu tentang pengertian hand sanitiser itu sendiri. Yang di maksud dengan hand sanitiser adalah produk untuk membersihkan tangan yang terbuat dari alkohol; 70 % dan campuran bahan lain. Hand sanitizer biasanya berbentuk cairan atau gel yang dikemas dalam botol berbagai ukuran

Cara membuat hand sanitiser dari bahan bahan alami

Negara Indonesia adalah negara tropis yang ditumbuhi dengan berbagai jenis tanaman. Sejak dulu nenek moyang kita telah menggunakan bahan bahan alami untuk mengobati berbagai jenis macam penyakit. Berbicara tentang hand sanitiser, ada banyak jenis tumbuhan yang memiliki kandungan anti kuman yang bisa digunakan untuk bahan pembuatan hand sanitizer.

Beberapa jenis tumbuhan yang memiliki kandungan antimikroba yaitu sirih merah, serai,daun kemangi dan masih banyak lagi lainnya. Untuk membantu anda membuat hand sanitizer sendiri di rumah , berikut adalah cara membuat hand sanitizer dari bahan bahan alami.

Bahan bahan yang dibutuhkan

Cara membuat hand sanitizer sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Untuk membuat hand sanitiser sendiri, anda akan memerlukan beberapa bahan yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Daun sirih merah secukupnya
  • Daun kemangi secukupnya
  • Kulit rambutam
  • Kulit jeruk
  • Ekstrak lidah buaya
  • Panci untuk mengukus/steam
  • Alcohol 70% (beli di apotik atau toko bahan kimia)
  • Triclosan 20% (beli di apotik)

Cara membuat:

Langkah langkah dancara pembuatan hand sanitizerdari bahan alami adalah sebagai berikut

  1. Langak pertana cuci tangan dan bersihkan bersihkan bahan dan alat alat yang akan di pakai dnegan menggunakan cairan detergen di bawah air mengalir.
  2. Agar bisa mengeluarkan kandungan bioaktif dengan maksimal, tanaman yang akan dipakai untuk membuat hand sanitiser harus dipotong kecil kecil.
  3. Panaskan air sampai mendidih lalu angkat
  4. Selanjutnya merendam potongan daun sirih, serai, kemangi dan kulit rambutan di dalam air panas selama selama 15 menit
  5. Selanjutnya rendaman bahan bahan tadi (air dan bahan bahannya) di taruh di atas panci untuk kemudian di steam atau di kukus selama 30 menit dengan menggunakan api sedang.
  6. Dari hasil steam atau kukus tersebuat anda akan mendapatkan ekstrak dari bahan bahan yang barus aja di kukus.
  7. Ekstrak berbagai jenis tanaman tersebut belum bisa digunakan untuk membunuh kuman secara maksimal. Untuk itu tambahkan alkohol dengan kadar 30 persen. Jika memiliki tricolasan 2% tambahkan juga ke dalamnya. Campuran alcohol 30 % dan Trokmolasan 20 % sangat efeotif untuk membunuh kuman yang menempel pada kulit.
  8. Tambahkan ekstrak lidah buaya 10 persen agar cairan lebih kental. Lidah biaya sendiri berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Perlu diketahui bahwa kulit kering mudah pecah dan bisa menjadi tempat masuknya kuman kedalam tubuh.

Anda baru saja membaca artikel tentang Cara membuat hand sanitiser. Jika anda ingin tahu cara lebih detail tentang proses pembuatan hand sanitiser bisa klik link ini: https://www.cekaja.com/info/penting-ini-5-bahan-alami-yang-dapat-disulap-jadi-hand-sanitizer/. Selamat mencoba.