cara menata ruang keluarga
cara menata ruang keluarga

Ruang keluarga merupakan salah satu tempat seluruh anggota keluarga berkumpul, berinteraksi, dan juga melakukan aktivitas bersama. Bisa dikatakan bahwa ruangan ini merupakan salah satu ruangan pusat dari sebuah rumah. Oleh karena itu, posisi ruang keluarga perlu dipertimbangkan sebaik mungkin saat mendesain rumah tinggal.

Mudah dijangkau oleh setiap penghuni rumah menjadi salah satu syarat sebuah desain ruang keluarga yang baik. Selain itu, kenyamanan serta keamanan adalah hal yang harus dijadikan prioritas dari ruang tersebut.

cara menata ruang keluarga
cara menata ruang keluarga

Bagaimanakah desain ruang keluarga yang ideal dan berfungsi secara optimal? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat cara menata ruang keluarga:

  • Merancang Desain Ruang Keluarga Sesuai Luas Rumah

Luas atau sempitnya sebuah model ruang keluarga disesuaikan dengan besar kecilnya rumah. Pada umumnya, ukuran ruang keluarga berkisar 9–12m2. Lalu, bagaimana cara untuk menentukan desain ruang keluarga di rumah kecil dan sempit? Atau apabila mendesain untuk rumah yang luas?.

  • Ruang Keluarga di Rumah dengan Lahan Terbatas

Salah satu cara menata ruang keluarga adalah dengan memperhatikan rumah dengan luasan terbatas biasanya menerapkan sistem open plan untuk menghemat ruang. Ruang keluarga pada rumah kecil dan minimalis di desain menyatu dengan ruang makan. Bagi Anda yang ingin memiliki ruang keluarga minimalis, desain ruang keluarga dengan sistem open plan ini dapat menjadi pilihan.

Alternatif lain yang dapat Anda lakukan ketika memiliki ruang keluarga yang sempit adalah dengan memilih furniture seminimal mungkin. Tentukan desain interior ruang keluarga yang tidak terlalu memakan banyak ruang sehingga tetap menjaga keasrian ruang tamu Anda.

  • Ruang Keluarga di Rumah dengan Lahan Luas

Sebagian orang yang mempunyai rumah dengan ukuran lebih besar, biasanya menempatkan ruang keluarganya terpisah dari ruangan lain. Selain itu, desain ruang keluarga yang terpisah ini biasanya dipilih untuk menampung jumlah anggota keluarga yang banyak. Dalam cara menata ruang keluarga ini pastikan juga ruang keluarga berada di tengah rumah dan juga terhubung dengan ruang-ruang setiap anggota keluarga.