cara mencegah penyakit jantung
cara mencegah penyakit jantung

Manggis adalah buah yang berbentuk bulat dengan kulit buah yang berwarna ungu tua. Daging buahnya berwarna putih dan memiliki biji yang berukuran besar. Buah ini memiliki banyak manfaat terutama untuk mengatasi masalah penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena manggis kaya akan kandungan xanthone, zat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh terutama organ jantung. Oleh sebab itu kali ini akan dibahas cara mencegah penyakit jantung dengan kulit manggis.

          Selain yang sudah disebutkan diatas, kulit manggis juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai anti inflamasi. Selain memiliki sifat antioksidan, kandungan xanthone yang terdapat pada kulit manggis juga bersifat anti trombotik dan platelat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cheng dan Rajtar Et Al, kulit manggis juga bersifat vasorelaxation atau penurun tekanan darah pada dinding pembuluh jantung. Oleh sebab itu kulit manggis berguna untuk mencegah penyakit kardiovaskuler (penyakit asterosklerosis dan iskemik), trombosis, dan juga hipertensi.

          Tidak hanya bagian kulit manggis saja yang berguna untuk kesehatan. Bagian pohon manggis yang lainnya juga berkhasiat untuk kesehatan. Adapun bagian pohon tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kulit kayu manggis, berfungsi sebagai obat disentri, diare, dan gangguan buang air kecil
  2. Daun manggis, berfungsi untuk mengobati luka pada tubuh
  3. Akar pohon manggis, berfungsi untuk melancarkan menstruasi pada wanita

          Cara mencegah penyakit jantung dengan menggunakan kulit manggis juga sangat mudah. Sehingga cara ini bisa anda lakukan kapan saja. Untuk mengetahui caranya silahkan simak yang berikut ini.

  1. Siapkan buah manggis sebanyak 2 buah
  2. Belah dan pisahkan daging buah dengan kulit manggis
  3. Setelah itu potong kulit manggis menjadi 4 bagian
  4. Rebus potongan kulit manggis kurang lebih selama 15 menit
  5. Kemudian angkat dan dinginkan terlebih dahulu
  6. Tuangkan air rebusan tersebut kedalam gelas
  7. Dan ramuan kulit manggis sudah siap untuk diminum.

Jika anda tidak suka dengan rasanya, anda bisa menambahkan gula Tropicana sebagai bahan campuran. Gula Tropicana dipilih karena mengandung kalori yang rendah sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, gula Tropicana juga berkhasiat untuk mencegah diabetes.

          Itulah upaya mencegah penyakit jantung dengan menggunakan kulit manggis. Konsumsilah secara rutin ramuan tersebut minimal satu kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.