Cara Mencuci Motor dengan Benar – Membersihkan motor secara rutin sangat penting untuk menjaga penampilan motor tetap menarik. Selain itu, membersihkan motor juga diperlukan agar anda selalu nyaman dan aman ketika berkendara karena motor yang kotor dan tidak dibersihkan lebih mudah mengalami kerusakan dan masalah lainnya. Untuk itu, anda harus mengetahui bagaimana cara mencuci motor yang benar sehingga motor yang anda pakai sehari-hari akan selalu bersih dan nyaman ketika digunakan.

Cara mencuci motor

Berikut ini beberapa tips mencuci motor yang benar dan perlu anda praktekkan, antara lain:

Baca juga : Tips Menghilangkan Bau Membandel pada Botol Minum Berbahan Plastik

  1. Siapkan peralatan dengan lengkap antara lain spons, sikat, sabun khusus pencuci motor, lap motor dan pelumas rantai.
  2. Basahi body motor dari bagian atas ke bawah atau dari depan ke belakang.
  3. Gunakan sabun khusus motor sesuai pemakaiannya.
  4. Angkat kotoran menggunakan spons untuk bagian body motor dan sikat untuk bagian kecil yang sensitive seperti knalpot, rantai, standar, pijakan kaki, roda dan lainnya.
  5. Gunakan air bersih untuk membilas.

Setelah itu, keringkan motor dengan lap khusus yang dapat menyerap air dengan baik tanpa menghilangkan bercak bekas air kering. Jangan lupa gunakan pelumas rantai untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara dan membuat rantai tidak mudah kering sehingga bisa bekerja dengan baik. Itulah cara mencuci motor dengan benar yang perlu anda praktekkan secara rutin demi keamanan dan kenyamanan ketika berkendara sehari-hari.