agar anak cerdas
agar anak cerdas

Anak usia dini merupakan masa emas yang paling baik untuk membentuk karakter anak, di usia balita otak akan mulai dibentuk dan dimulai untuk menerima berbagai informasi dan ingatan yang baik untuk dimasa mendatang. Pendidikan edukatif bagi anak sangat berperan penting bagi kecerdasannya, peran orang tua juga harus lebih intens dalam segala hal, karena orang tualah yang menjadi guru pertama bagi anak-anaknya sebelum menempuh pendidikan formal di sekolah. Cara agar anak cerdas bisa dilakukan dengan beberapa hal yang perlu orang tua lakukan, seperti cara mendidik anak di usia dini berikut ini:

  1. Di usia 2 tahun merupakan usia kritis bagi anak untuk mencapai pertumbuhan sel otak sebanyak 80%, maka dari itu selalu perhatikan asupan gizi bagi anak di usia dua tahun kebawah, karena di masa itulah perkembangan otak tidak akan terulang kembali.
  2. Berikan gizi lengkap bagi anak, seperti karbohidrat yang cukup, protein, vitamin, mineral, hindari makanan dengan pemanis buatan, junk food, kenalkan anak pada makanan sumber karbohidrat selain nasi, hal tersebut agar anak tidak kecenderungan mengonsumsi nasi.
  3. Berikan anak suplemen bagi perkembangan otaknya, seperti memberikan minyak ikan, madu, jamu untuk anak, susu dan suplemen makanan pendampinh lainnya.
  4. Sebagai orang tua perlu memonitoring pertumbuhan dan perkembangan anak d setiap tahap pertumbuhannya, mulai dari asupan makanan yang bergizi, pertumbuhan badan, gigi, fungsi organ lainnya, jika ditemukan keterlambatan pertumbuhan yang tidak sesuai dengan usianya, maka konsultasikan pada dokter.
  5. Biasakan anak selalu sarapan, selain akan membiasakan sejak kecil melakukan sarapan dan akan terbiasa sampai dewasa nani dengan sarapan juga akan membantu memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak sarapan, hal tersebut yang telah dilakukan penelitian ilmiah sejak tahun 1970 oleh ilmuan.
  6. Hindari kebiasan buruk yang dapat mempengaruhi kecerdasan akan, seperti terlalu banyak bermain game yang tidak edukatif, banyak tidur, mengonsumsi makanan manis dan berlemak, dan lain sebagainya yang dapat mengganggu perkembangan otak anak.

Beberapa tips diatas merupakan sebagian dari beberapa tips yang dapat orang tua lakukan pada anak, dengan begitu pola dukungan orang tua sangat dibutuhkan untuk proses perkembangan dan pertumbuhannya agar anak cerdas maksimal. Selain itu juga, berikan anak susu formula untuk masa pertumbuhannya dan untuk memenuhi asupan gizi bagi anak dengan memberikan susu Dancow setiap hari sesuai usianya.