Cara mendidik anak usia 3 tahun
Cara mendidik anak usia 3 tahun

Masa-masa anak usia 3 tahun adalah masa dimana dia mengenal dan belajar hal-hal yang baru. Sekaligus pada usia ini merupakan masa rentan anak-anak, sebab anak-anak sudah mulai mencerna informasi yang dia dapatkan. Namun informasi yang dia dapatkan hanya sebatas informasi semata, dia masih belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Oleh karena itu, Ayah dan Bunda memerlukan pendidikan khusus. Berikut ini adalah cara mendidik anak usia 3 tahun supaya tumbuh menjadi anak yang aktif dan cerdas.

Cara mendidik anak usia 3 tahun
Cara mendidik anak usia 3 tahun

1.Memberi Tahu Kebutuhan Utama Anak

Cara mendidik anak usia 3 tahun yang pertama adalah dengan memberitahu kebutuhan utama anak. Misalnya kebutuhan makan, anak memerlukan peralatan makan disinilah peran orang tua bekerja. Orang tua harus memberitahu anak peralatan utama untuk makan itu apa saja. Orang tua juga harus memberitahu bagaimana cara mendapatkan peralatan makan tersebut.

2. Memberikan Waktu untuk Istirahat

Orang tua harus memberitahu anak kapan saja waktu dia harus istirahat. Dengan begitu mereka akan tahu kapan waktunya mereka bisa bermain dan kapan mereka tidak boleh bermain.

3. Mulai Memberikan Pengetahuan Ilmu Agama

Pada usia 3 tahun anak sudah bisa menangkap ilmu agama yang diajarkan kepada mereka. Misalnya mengajarkan doa akan tidur, doa mau makan dan berdoa setiap kali akan memulai sesuatu. 

4. Mengajarkan Etika

Pada usia 3 tahun anak siap menerima pelajaran etika. Tentu saja pelajaran etika yang simpel dan sederhana terlebih dahulu. 

5. Mengajarkan Olahraga

Mungkin tanpa olahraga bagi anak usia 3 tahun metabolisme tubuhnya akan tetap berjalan lancar, sebab secara tidak langsung dia sudah banyak bergerak. Namun tidak salah jika orang tua mulai mengajarkan pola hidup sehat melalui olahraga.

5. Cara Berpakaian Baik

Karena aktivitas anak yang sering bergerak, mungkin sudah menjadi kebiasaan jika anak tidak berpakaian dengan baik. Cara mendidik anak usia 3 tahun yang tidak kalah penting adalah dengan memberikan pelajaran cara berpakaian yang baik.