Belajar Menulis
Belajar Menulis

Anak-anak belajar bahasa, belajar berbicara, dan belajar menulis dalam waktu sesingkat itu adalah luar biasa. Sebagai orang tua, wali, dan pendidik, kita semua ingin mendorong anak-anak untuk mempelajari keterampilan yang akan mereka butuhkan seumur hidup.

Akan tetapi banyak dari kita tidak perlu banyak berpikir tentang bagaimana keterampilan itu berkembang atau pada usia berapa kita bisa mendorong anak-anak untuk mulai belajar keterampilan seperti belajar menulis. Keterampilan menulis anak-anak meningkat seiring bertambahnya usia. 

Belajar Menulis
Belajar Menulis

Anak-anak mulai menulis “kata-kata” yang benar-benar mengikuti aturan bahasa tertulis pada usia 3 tahun. Kata-kata ini mungkin tidak masuk akal, tetapi mereka mungkin mengikuti aturan dasar terlihat seperti kata, dengan huruf berulang yang mewakili vokal atau jenis kata. 

Pertimbangkan perkembangan motorik anak Anda. Jika anak Anda mengikuti perkembangan motorik tipikal, Anda dapat memeriksa timeline pengembangan keterampilan untuk melihat apa yang harus mereka capai berdasarkan usia. Jika anak Anda terlalu muda untuk memegang krayon, misalnya, mungkin belum waktunya untuk mulai memperkenalkan kata-kata dulu.

Biarkan mereka bersenang-senang bermain-main dengan adonan. Kreasi mereka tidak harus sempurna, biarkan mereka menciptakan apa yang mereka inginkan dengan adonan. Sehingga akan terbiasa untuk membentuk benda sesuai kreasinya.

Perlihatkan kepada anak Anda cara memegang spidol atau krayon dengan benar. Anda harus menggunakan pegangan. Pegangan bergantung pada jari penunjuk, ibu jari, dan jari tengah untuk mendukung pensil secara merata.

Ajari mereka untuk tidak menggenggamnya terlalu erat. Memegangnya terlalu kencang dapat melukai tangan anak Anda seiring waktu. Bantu anak Anda untuk memahami berapa banyak tekanan yang dibutuhkan. Terlalu banyak dapat merusak krayon dan pensil tetapi terlalu sedikit berarti Anda tidak akan dapat membaca apa yang ditulis oleh anak.

Jadikan menulis sebagai praktik sehari-hari, mendorong anak Anda untuk belajar menulis setiap hari. Biarkan mereka menggunakan imajinasi mereka untuk membuat cerita yang sesuai dengan gambar mereka. Ketika anak Anda terus menghubungkan makna dengan huruf dan kata-kata, ejaannya akan membaik. Semoga bermanfaat.