dompet digital
dompet digital

Semakin berkembangnya teknologi ternyata juga memunculkan banyak modus kejahatan digital baru. Tidak sedikit orang merasa tertipu dan harus kehilangan banyak uang karena kejahatan digital. Hal ini yang kemudian membuat orang-orang merasa ragu menyimpan uang di dompet digital atau e-wallet. Sebenarnya entah itu menyimpan uang dalam bentuk cash atau digital, tetap ada kemungkinan untuk dicuri.

Anda sebagai pemilik akun bisa melakukan beberapa hal untuk mengamankan uang yang ada di e-wallet. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga keamanan akun:

dompet digital
dompet digital

Buat Password yang Baik

Password yang Anda gunakan harus baik dimana tidak bisa ditebak dengan mudah oleh orang lain. Hindari penggunaan tanggal lahir, angka berurutan, atau nomor telepon. Sebaiknya lakukan pergantian password secara berkala agar keamanan semakin baik.

Jaga Kerahasiaan OTP

OTP atau One Time Password merupakan kode yang hanya bisa digunakan satu kali saja dan berjangka waktu pendek. Bagi pemilik akun dompet digital, OTP bisa digunakan saat akan login, verifikasi transaksi, dan lain sebagainya. Karena sangat penting maka Anda tidak boleh memberikan OTP pada pihak manapun termasuk penyedia layanan e-wallet. 

Selalu Monitor Saldo

Pada umumnya, saldo dari e-wallet memang tidak sebesar saldo di rekening. Meskipun begitu Anda harus tetap menjaganya dengan selalu melakukan monitor. Apabila ada hal yang janggal segera hubungi merchant yang baru saja digunakan untuk transaksi atau penyedia layanan e-wallet.

Cek Riwayat Transaksi Secara Rutin

Selain monitor jumlah saldo, penting untuk Anda selalu mengecek riwayat transaksi yang pernah dilakukan. Biasanya semua penyedia layanan memberikan kemudahan untuk melakukan tracking terhadap transaksi. Segera hubungi call center penyedia layanan apabila ada transaksi mencurigakan.

Aktifkan Anti Malware dan Anti Virus

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan akun e-wallet adalah mengaktifkan anti malware dan anti virus. Pilihlah aplikasi yang terpercaya agar tidak berisiko.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan akun dompet digital atau e-wallet. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan dari bank terpercaya, salah satunya yaitu Bank Danamon. D-Save dapat Anda gunakan sebagai e-wallet yang bisa dipakai pada berbagai jenis transaksi. Informasi cara mendapatkan layanan ini bisa Anda lihat di website www.danamon.co.id.