merawat kulit bayi
merawat kulit bayi

Perawatan kulit pada bayi merupakan hal yang wajib untuk dilakukan demi kesehatan serta keindahan kulit bayi. Hal ini terutama karena kulit bayi masih rentan akan berbagai gangguan seperti biang keringat, ruam, iritasi hingga alergi. Dibutuhkan cara merawat kulit bayi yang benar agar kesehatan dan kesegaran kulit bayi tetap terjaga. Salah satu caranya adalah dengan mandi secara rutin. Memandikan bayi perlu dilakukan secara cermat agar tubuhnya bersih dan juga tetap sehat.

  1. Perhatikan suhu air yang digunakan untuk mandi, terutama jika bayi baru lahir. Atur agar suhu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
  2. Bersihkan seluruh permukaan kulit bayi dari berbagai kotoran yang menempel seperti air seni, sisa makanan hingga feses. Idealnya mandi dilakukan sekali sehari untuk bayi yang baru lahir dan dua kali sehari setelah umurnya mencapai beberapa bulan serta sudah mulai aktif bergerak.
  3. Perhatikan pula sabun yang dipakai untuk memandikan bayi. Cara merawat kulit bayi melalui mandi adalah dengan menggunakan sabun dengan pH antara empat koma lima hingga lima. Usahakan terdapat sedikit minyak pada sabun agar iritasi dapat dicegah.
  4. Jika tiba-tiba terjadi iritasi tertentu sebagai akibat dari penggunaan sabun, segera beralih ke merk lain dan jangan biarkan sampai berlarut-larut.
  5. Jangna lewatkan untuk membersihkan daerah-daerah lipatan kulit seperti ketiak, sela-sela jari tangan dan kaki hingga selangkangan.
  6. Jika bayi buang air besar, bilas area anus menggunakan air bersih atau tisu basah yang tidak mengandung alkohol.

Selesai mandi, jangan lupa keringkan tubuh bayi menggunakan handuk lembut. Setelah itu bisa pula gunakan pelembab khusus untuk bayi yang berbentuk lotion ataupun krim dengan fungsi utamanya sebagai penjaga kelembaban kulit terutama di bagian luar kulit atau epidermis. Pastikan produk perawatan bayi untuk mandi memiliki kualitas yang terjaga dan terbukti khasiatnya dalam membersihkan serta menyehatkan kulit bayi. Produk Zwitsal dapat dipilih sebagai salah satu cara merawat kulit bayi agar selalu sehat dan lembut. Gunakan setiap hari untuk hasil maksimal.