Perawatan wajah tidak hanya dilakukan oleh wanita, tapi juga pria. Sebagian besar pria juga mau tampil bebas jerawat dan kusam agar penampilannya semakin keren, apalagi saat mereka dituntut untuk tampil rapi dan bersih di depan banyak orang. Karena itu, kamu sebagai pria harus merawat mukamu dengan pembersih wajah pria yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Sebenarnya tidak susah merawat kulit wajah. Hanya saja, terkadang masih ada yang salah melakukannya dan justru mengundang jerawat atau masalah kulit wajah lainnya yang tentunya tidak nyaman. Selain itu, mengikuti rekomendasi teman yang belum tentu sabun pembersihnya tetap dengan kita juga menjadi alasan kulit wajah bermasalah.

Buat kamu yang tidak mau salah cara merawat wajahmu dengan pembersih yang khusus untuk pria, berikut beberapa tipsnya.

  1. Kulit normal

Kulit normal merupakan kulit yang paling ideal dan pori-pori di kulit wajah hanya kecil-kecil. Belum lagi kulitnya juga tidak gampang berminyak dan tidak gampang kering juga. Tapi kadang-kadang ada beberapa bagian yang berminyak meski hanya sedikit, seperti dahi, dagu, serta hidung.

Buat merawat jenis kulit ini tidak susah. Kamu tidak usah lagi memakai pembersih wajah pria yang khusus, tapi cukup dibersihkan saja secara rutin, seperti saat mandi pagi dan pulang beraktivitas, terutama di luar ruangan. Bisa juga kamu memakai sabun muka yang membersihkan wajah tanpa membuat kulitmu menjadi lebih sensitif.

2. Kulit kering

Jenis kulit ini merupakan yang banyak dialami pria-pria. Kamu yang mengalami kondisi kulit seperti ini biasanya dikarenakan kelenjar lemak yang terlalu aktif memproduksi minyak sehingga kelembaban di muka menjadi menurun. Sebenarnya ada penyebab lainnya yaitu faktor penuaan, keturunan, terlalu sering mandi air hangat, serta kondisi cuaca yang terlalu panas dan kering.

Kamu yang punya masalah kulit kering tidak gampang jerawatan, tapi sangat gampang terkena pengkeriputan dini, khususnya di bagian mata dan bibir. Buat mengatasinya, kamu perlu menggunakan pembersih wajah pria yang khusus untuk kulit kering. Sabun yang kamu pakai haruslah yang memberikan dehidrasi yang cukup untuk kulit wajahmu, kelembabannya mencukupi, sekaligus yang melindungi kulit muka dari efek sinar matahari.

3. Kulit berminyak

Selain masalah kulit kering, wajah yang berminyak juga sudah sangat umum dialami banyak pria. Penyebabnya ada banyak, tapi yang menjadi penyebab utama seperti terlalu stress, hormon di tubuh sedang tidak seimbang, dan faktor keturunan. Kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, pasti nanti akan gampang jerawatan, bahkan lebih parah dari jenis kulit yang lainnya.

Saat kulit memproduksi minyak yang terlalu berlebihan, maka pori-pori wajah yang umumnya besar-besar akan gampang tersumbat. Kondisi itulah yang membuat wajah akan berjerawat. Buat mengatasinya, gunakan pembersih wajah pria yang benar-benar bisa mengontrol minyak berlebih sekaligus mengecilkan pori-pori muka.

4. Kulit kombinasi

Jenis kulit yang terakhir yaitu kulit kombinasi. Jenis kulit ini memiliki bagian yang kering sekaligus berminyak dalam waktu bersamaan. Biasanya bagian yang gampang kering yaitu rahang, pipi, serta dagu di bagian bawah. Sedangkan kulit yang gampang berminyak yaitu hidung, dagu, dan dahi. Di bagian yang berminyak itu yang lebih gampang berminyak dibandingkan jenis kulit lainnya karena lebih aktif memproduksi minyak.

Cara merawatnya jangan memakai 2 jenis sabun muka. Cukup pakai 1 sabun pembersih saja, tapi utamakan kamu memakai pembersih wajah pria yang khusus buat membersihkan di kawasan pipi, dagu, dan rahang atau bagian-bagian yang kering.

Tidak terlalu susah membersihkan wajah pria dengan pembersih wajah yang khusus. Hanya saja kamu harus melakukannya secara rutin agar masalah-masalah kulit muka, seperti jerawat, kering, atau berminyak tidak gampang kamu alami. Buat kamu yang masih bingung mencari sabun yang tepat, tidak ada salahnya kamu membelinya di Nivea Men yang menawarkan berbagai macam pembersih muka yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulitmu.