Cara Praktis Menemukan Keywords Paling Pas Demi SEO
Cara Praktis Menemukan Keywords Paling Pas Demi SEO

Menemukan kata kunci yang tepat adalah keharusan dalam jasa SEO. Sebagai sistem yang digunakan untuk optimasi di mesin pencari, kata kunci memegang peran penting supaya orang-orang bisa menemukan website Anda. Salah memasang keywords, tidak ada yang bisa menemukan website Anda. Namun mencatut kata kunci yang terlalu umum membuat kompetisi semakin tinggi.

Jadi, apa yang perlu dilakukan? Pertama, Anda harus tahu apa tujuan seseorang ketika mengetikkan keywords. Motif di baliknya bisa dibagi jadi 4, yaitu :

1. Navigational

Orang mengetikkan keywords untuk mencari alamat website tertentu. Keywords ini tidak ada gunanya untuk Anda, kecuali Anda pemiliknya.

2. Informational

Paling sering dipakai orang, yaitu mencari informasi umum atau spesifik. Topiknya bisa cuaca hari ini, jenis-jenis ikan, dll.

3. Commercial Investigation

Ini keyword yang perlu disimak, karena penulisnya biasanya berniat membeli, dan ingin mencari informasi lanjutan. Misalnya “Kulkas 2 pintu murah.”

4. Transactional

Keyword paling bernilai, menandakan pencarinya siap membeli. Konsentrasilah ke keywords yang mempunyai unsur “beli tas tangan wanita X”, “cari jasa layanan SEO kota Y” dan lain-lain.

Untuk mencari kata kunci itu sendiri, Anda bisa menemukannya di banyak tempat, misalnya :

1. Auto Suggestion Dari Google

Ketika mengetikkan sesuatu di Google, akan muncul saran-saran referensi keywords yang sering digunakan orang. Catatlah semuanya.

2. Google Trends

Di sini Anda bisa melihat apa saja topik yang terbaru dan sedang banyak dibicarakan, yang sudah diurutkan berdasarkan pencarian terbanyak.

3. Keywords Planner

Alat dari Google ini memang digunakan untuk mendapatkan ide dan riset tentang kata kunci. Daftarkan diri Anda ke Gmail untuk mendapatkannya.

4. Tools Lain

Perangkat lanjutan yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi 3 cara di atas, seperti Wordstream, Übersuggest dan lain-lain.

Lakukanlah ini, dan Anda akan menemukan kata kunci paling pas. Tidak hanya keywords yang mempunyai potensi hits banyak namun tidak menarik pembeli, tetapi keywords relevan yang akan membuat konversi Anda semakin meningkat. Tidak mau repot melakukannya? Anda bisa menggunakan jasa SEO dari agensi seperti Partner Iklan untuk menangani hal-hal teknisnya.