Filosofi Dalam Sekolah Usia Dini
Filosofi Dalam Sekolah Usia Dini

Setiap hal yang ada di dunia ini memiliki landasan tersendiri atau filosofi yang mendasari program atau sistem atau kegiatan yang dilakukan. Salah satu yang memiliki filosofi adalah sekolah usia dini. Kindergarten yang digunakan oleh para orang tua untuk anak usia dini, sebelum memasuki usia masuk taman kanak-kanak, memiliki filosofi yang seharusnya dijadikan dasar agar kegiatan di sekolah usia dini tersebut dapat membuat anak menjadi nyaman.

 

Filosofi pertama untuk preschool adalah Montessori yang pembelajarannya mengikuti ketertarikan dari anak sehingga guru bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator atau director. Anak akan terjun langsung ke lapangan sehingga dapat mendapatkan pengalaman secara langsung dan pembelajaran akan lebih menyenangkan. Kedua adalah Waldorf yang ada setelah Montessori. Pendekatan yang dilakukan dengan rutinitas serta kepercayaan antara murid dan guru. Sehingga, dapat menekankan sisi kreativitas anak.

 

Ketiga adalah Reggio-Emilia yang kurikulumnya menyesuaikan dengan ketertarikan anak dan membuat anak sebagai pemimpin. Anak diharapkan dapat belajar dari kesalahan yang dilakukannya dengan melalui pengalaman yang dimiliki dibandingkan jika harus dikoreksi guru. Filosofi ini juga menekankan kreativitas serta materi yang menarik minat anak. Keempat adalah high hope dengan fokus untuk pengembangan emosi dan sosial dibandingkan dengan perkembangan akademik. Atau dapat dikatakan jika filosofi high hope lebih fokus pada EQ dibandingkan IQ. Kelima adalah bank street dengan metode pembelajaran yang menggunakan alat pembelajaran atau fasilitas yang ada di sekitar anak sehingga dapat membantu imajinasi anak.

 

Keenam dan yang tidak boleh terlewat adalah plat based. Walaupun anak berada di kindergarten, namun dunia anak tetap dunia bermain dan pendekatan dengan kegiatan berkelompok termasuk bermain bersama dengan teman yang lain dapat memicu kreativitas serta EQ anak. Untuk mendapatkan keenam filosofi tersebut, Anda harus memilih sekolah usia dini yang menyenangkan namun tetap memberikan pendidikan bagi anak. Tutor Time menjadi pilihan yang tepat. Dengan kurikulum yang telah diatur dengan sangat profesional dan berdasarkan pada rentang usia anak, Tutor Time memberikan pembelajaran serta fasilitas untuk anak agar dapat bermain dan belajar dengan cara menyenangkan. Jadi, pilih Tutor Time untuk sekolah usia dini anak Anda!