Ada kalanya Anda tidak memiliki ketersediaan dana pada saat dibutuhkan dan dalam kondisi yang mendesak. Kadang juga pendapatan bulanan yang Anda miliki sudah habis untuk memenuhi kebutuhan rutin rumah tangga setiap harinya. Sementara Anda perlu dana besar untuk memenuhi kebutuhan darurat yang Anda butuhkan.

Oleh sebab itu, dengan adanya lembaga-lembaga pembiayaan Pinjaman Jaminan BPKB, BFI Finance membantu untuk memecahkan permasalahan yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Beberapa alasan masyarakat memilih untuk mengambil Pinjaman Jaminan BPKB kendaraan, karena jumlah uang yang dipinjam tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jaminan surat tanah atau rumah. 

Pinjaman Jaminan BPKB
Pinjaman Jaminan BPKB

Diharapkan dengan adanya informasi ini, bisa lebih bisa membantu Anda untuk selektif dan bijak dalam menggunakan dana pinjaman tersebut. Upayakan untuk bisa menggunakannya dalam hal-hal yang bersifat mendesak saja, dan jangan digunakan untuk kebutuhan biasa yang lebih bersifat sesaat.

Yang Perlu Diperhatikan dari Pinjaman Jaminan BPKB Motor

  • Pastikan Tahun Produksi Motor Sesuai

Hal pertama yang akan diperiksa adalah tahun keluaran kendaraan sesuai dengan yang disyaratkan. Biasanya setiap lembaga keuangan yang memberikan Pinjaman Jaminan BPKB memberikan batasan tahun kendaraan yang dapat digunakan. Oleh karenanya, pastikan BPKB motor yang akan dijaminkan untuk pengajuan pinjaman memiliki tahun yang dapat diterima. Apabila hal tersebut diabaikan dan tahun motor tidak sesuai, maka dapat dipastikan bahwa permohonan tidak akan diproses.

  • Motor Masih dalam Keadaan Bagus

Selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu secara keseluruhan motor masih dalam keadaan baik. Artinya, kondisi motor secara keseluruhan masih dalam keadaan baik. Tidak ada kerusakan mesin dan suku cadang serta bagian-bagian motor masih lengkap. 

  • Perhatikan Waktu Jatuh Tempo Pajak Motor

Biasanya, lembaga peminjaman bersedia untuk membantu mengurus masalah pajak motor yang jatuh tempo. Hanya saja, jika itu terjadi maka biaya yang dibutuhkan akan dikurangkan dari jumlah pinjaman yang akan diberikan. Sama saja Anda sendirilah yang harus melunasi tunggakan pajak yang ada. 

  • Kelengkapan Dokumen

Hal terpenting setelah BPKB dan motor yang akan digunakan sebagai jaminan adalah kelengkapan dokumen. Untuk itu, Anda harus memastikan semua dokumen-dokumen yang dibutuhkan lengkap. 

  • Bersikap Kooperatif

Lembaga keuangan yang bersedia memberikan pinjaman pun akan selektif dalam memilih nasabah. Jenis nasabah yang memiliki kemungkinan untuk diterima permohonan pinjamannya biasanya yang mau bersikap kooperatif. 

Selama Anda dapat bersikap kooperatif dan memiliki kelengkapan dokumen sesuai dengan yang disyaratkan, besar kemungkinan permohonan pinjaman Anda pasti akan disetujui.