harga cincin berlian pernikahan
harga cincin berlian pernikahan

Meskipun bukan sesuatu yang wajib namun rasanya hampir di semua pernikahan terdapat cincin yang akan disematkan ke jari pengantin. Cincin merupakan perwujudan dan simbol cinta yang telah disatukan dalam ikatan suci pernikahan. Pilihlah model dan harga cincin berlian pernikahan yang paling sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan.

Cincin berlian akan menjadi pilihan tepat bagi Anda dan pasangan yang sedang berbahagia. Jangan langsung percaya pada mitos dan pendapat bahwa berlian itu mahal karena harga bukan segalanya. Pernikahan sebagai momen sakral yang diharapkan bisa berlangsung sekali seumur hidup tentu harus dibuat dengan sangat istimewa. Jadikan berlian sebagai bagian dari kebahagiaan tersebut.

Kalau Anda masih ragu bisa melihat dan melakukan survei terlebih dahulu agar mengetahui harga cincin kawin berlian di pasaran. Dengan begitu Anda bisa menemukan cincin terbaik yang akan dipakai bersama pasangan di hari bahagia. Bagaimanakah cincin berlian terbaik itu?

harga cincin berlian pernikahan
harga cincin berlian pernikahan

Cincin Berlian Pernikahan yang Terbaik

Sesuaikan dengan Selera dan Anggaran

Apakah yang terbaik itu selalu berarti yang memiliki harga paling mahal? Belum tentu karena yang harganya mahal belum tentu sesuai dengan keinginan hati. Jika sudah bicara tentang selera seseorang maka tidak bisa disama ratakan. Tidak semua orang menyukai sesuatu yang mahal dan berlebihan dan ini berlaku juga pada saat Anda memilih cincin berlian pernikahan.

Jangan memaksakan diri membeli yang mahal tetapi sebenarnya Anda sendiri dan pasangan kurang menyukainya. Lebih baik belilah cincin berlian yang memang sesuai dengan selera Anda dan pasangan. Setelah itu pertimbangkan juga harga cincin berlian pernikahan yang Anda pilih tersebut dengan anggaran yang disediakan.

Model atau Bentuk Berlian

Memilih cincin berlian yang tepat barangkali tidak akan menjadi masalah bagi mereka yang sudah biasa melakukannya. Tetapi bagi orang awam yang sebelumnya tidak mengenal seluk beluk berlian bisa menjadi masalah yang besar. Perlu diketahui bahwa hingga sekarang ada beberapa bentuk berlian pada cincin pernikahan yang banyak diminati.

Begitu juga ketika Anda kalau akan membeli cincin berlian untuk pernikahan sebaiknya tahu tentang hal tersebut. Beberapa bentuk berlian yang paling umum dipilih adalah :

  • Bentuk bulat : Ini adalah bentuk yang paling umum dan banyak dipilih orang karena kilaunya paling bagus. 
  • Bentuk kotak : Bentuk ini dikenal dengan sebutan princess yang memiliki sudut 90 derajat pada berliannya. Meskipun kebanyakan harga cincin berlian pernikahan princess lebih murah dari yang bulat namun lebih berharga.
  • Bentuk emerald : Khasnya ada pada sudut yang dibentuk sedikit bulat atau dipotong secara bertingkat pada bagian permukaannya. Kelebihan berlian bentuk emerald ini adalah kilau yang dihasilkan akan sangat jernih. 
  • Bentuk oval : Sekilas bentuknya mirip dengan berlian bulat tetapi memiliki ujung yang agak panjang. Selain itu berlian oval akan terlihat lebih besar dari yang bentuknya bulat. 
  • Bentuk marquise : Konon katanya berlian berbentuk marquise ini inspirasinya diperoleh dari senyuman selir dari Raja Loius XV di Perancis. Bentuknya memanjang kemudian meruncing pada bagian ujungnya. Berlian bentuk ini bisa dikatakan cukup populer di kalangan penggemar perhiasan.

Perhatikan Kualitas Cincin

Terakhir, jangan lupakan kualitas cincin berlian disamping harganya. Jangan terpaku pada harga saja sampai lupa mengecek bagaimana kualitasnya. Periksa kode yang ada pada cincin tersebut agar Anda tahu kualitasnya. Misalnya apakah pada cincin tersebut terdapat tulisan 24K yang artinya merupakan logam mulia murni 24 karat dan sebagainya.