Jika anda mengalami masalah dengan aki pada motor anda, maka kini saatnya anda memilih untuk menggunakan aki motor berkualitas. Karena aki motor yang berkualitas tentunya akan menunjang perfoma motor anda secara lebih profesional dan lebih optimal. Tentunya sebelum melakukan pemilihan pada aki motor atau accu motor yang berkualitas, terlebih dahulu anda perlu mengetahui berbagai apa saja fungsi aki pada motor anda. Dengan begitu maka anda bisa mudah untuk menentukan dan memutuskan mana aki yang mampu memenuhi kebutuhan pada motor anda sesuai dengan fungsinya.

Aki atau akumulator merupakan satu komponen atau alat yang penting pada jenis kendaraan bermotor. Oleh karena itu anda perlu memilih dengan baik aki motor berkualitas yang akan anda gunakan. Namun sebelumnya anda juga harus mengetahui apa saja fungsi atau manfaat dari aki pada motor. Hal ini dilakukan agar anda mampu lebih selektif dalam memilih jenis aki yang akan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan pada motor anda. Lalu apa saja fungsi dari aki pada motor anda? Diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Fungsi pertama aki atau akumulator pada kendaraan motor ialah berfungsi untuk menyalakan sistem stater yang digunakan untuk menghidupkan mesin motor anda. Mengingat bahwa aki atau akumulator ini digunakan untuk memberikan supplai listrik pada saat akan menyalakan motor.
  • Fungsi yang kedua yaitu sebagai alat untuk supplai arus induksi pada bagian alternator pada kendaraan bermotor anda.
  • Yang ketiga, aki atau accu ini memiliki fungsi untuk memberikan supplai listrik pada bagian dashboard motor anda. Termasuk pada motor anda yang telah menggunakan teknologi lcd pada dashboard sebagai sistem penyedia informasi terkait kondisi motor anda pada saat pertama kali anda sebagai pengemudi masuk ke dalam kabin.
  • Selanjutnya fungsi dari accu atau aki ini adalah untuk membantu memberikan tegangan referensi ke ECU. Hal ini terutama sangat dibutuhkan pada jenis kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi. Sehingga supplai listrik untuk menghidupkan motor menjadi begitu mudah dan bisa dipenuhi dengan baik serta lancar.
  • Fungsi lain dari aki atau akumulator pada kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor adalah sebagai satu alat untuk menyalakan fuel pump pada saat mesin sudah menyala atau sudah mulai start. Hal ini terutama bisa dirasakan pada kendaraan bermotor yang menggunakan teknologi injeksi.

Itulah berbagai fungsi aki pada kendaraan roda dua atau motor. Dimana fungsi diatas mampu dimaksumalkan atau dioptimalkan jika anda memiliki aki motor berkualitas pada kendaraan anda. Memang kini ada banyak jenis aki yang bisa anda temukan. Akan tetapi jangan khawatir karena anda bisa menemukannya dengan mudah selama anda telah mengetahui standar atau spesifikasi pada kendaraan motor anda. Diman Anda juga harus mempertimbangkan pula jenis aki yang akan anda gunakan. Mengingat saat ini ada banyak jenis aki yang bisa anda temukan. Seperti misalnya aki basah, aki kering atau aki MF. Aki hybrid, aki kalium, dan berbagai jenis aki lainnya. Setiap aki tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sehingga anda perlu memahami hal ini dengan betul. Mempertimbangkan adanya garansi para produk aki yang anda pilih juga menjadi hal yang harus anda perhatikan. Sehingga anda bisa memiliki aki yang benar-benar mumpuni untuk digunakan.

Jika anda masih bingung untuk memilih, mengambil keputusan utnuk menggunakan aki dari NS Baterai menjadi satu rekomendasi yang tepat. Karena NS Baterai merupakan jenis aki yang dibuat dnegan teknologi terkini oleh para ahli di bidang otomotif. Selain itu harga yang terjangkau juga perlu menjadi pertimbangan dalam menentukan pemilihan. Dari sekian banyak jenis aki NS Baterai yang ada, aki kering atau aki MF pada NS Baterai begitu banyak direkomendasikan. Mengapa demikian? Tentunya ada berbagai kelebihan yang bisa didapatkan. Diantaranya ialah seperti pemasangan aki kering atau aki MF yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis aki basah. Tentunya hal ini dikarenakan aki karing atau aki MF ini tidak perlu dilakukan pengisian air terlebih dahulu dibandingkan dengan aki basah. Yang kedua aki kering dari NS Baterai ini juga lebih mudah dari segi cara kerja. Selain lebih mudah dari segi pengisian ataupun dari pengecekan atau perawatan, aki kering atau aki MF ini juga begitu direkomendasi karena lebih mudah dari segi cara kerja. Ya, aki kering ini begitu mudah dan tidak akan menimbulkan berbagai kesulitans eperti air yang tumpah dan lain sebagainya. Kemudian aki kering MF ini menjadi aki yang lebih aman untuk digunakan. Karena aki basah bersifat korosif sehingga aki basah ini akan sangat membahayakan pada saat cairan elektrolit pada aki basah ini tumpah atau mengenai mesin kendaraan. Pada aki kering atau aki MF ini juga begitu aman karena anda tidak perlu melakukan pengisian air untuk menggunakannya.