Timur tengah juga menajdi salah satu negara yang sudah dilirik sebagai destinasi wisata, di sini kamu dapat menikmati berbagai wisata alam dan wisata buatan yang menarik, kamu juga bakal melihat kebudayaan dan kultur yang berbeda, selain itu hal yang juga menjadi daya tarik adalah makanannya. Bagi kamu yang ingin berwisata ke timur tengah jangan lupa reservasi tiket pesawat Qatar Airways dan cek tiket pesawat paling murah yang tersedia di Reservasi.com. Berikut makanan-makanan khas Timur tengah yang patut kamu coba saat liburan :

  • Manakessh

Photo : foodgalaxy.myshopify.com

 

Makanan yang satu ini merupakan pizza ala Arab, bentuknya juga bulat , di taburi dengan keju, daging cincang dan yang membuat istimewa adalah bumbu khas Arabnya yang tidak akan kamu temui di tempat lain.

  • Shanklish

Photo : tasteofbeirut.com

 

Shanlklis merupakan keju yang terbuat dari susu sapi ataupun susu kambing, makanan yang satu ini biasanya di sajikan dalam bentuk bulatan sekali lahap.  Kamu harus cobain ini, cita rasanya unik karena di balut dengan serbuk cabai atau bumbu zaatar derta biasanya di sajikan dengan irisan tomat dan minyak Zaitun.

  • Shawarma

Photo : tablespoon.com

 

Makanan ini mirip dengan kebab. Makanan ini merupakan daging ayam yang di potong kecil-kecil yang di campur dengan bawang bombay, tomat dan bahan lainnya dan dibungkus dengan roti pita.

  • Kofta

Photo : archanaskitchen.com

 

Kalau yang satu ini sangat populer di daerah Iran dan Pakistan. Makanan ini berupa bola-bola yang terbuat dari daging domba ataupun sapi, penyajiannya bisa di goreng,di panggang atau di oven dan bisanya di barengi dengan saus saat dimakan, bumbunya benar-benar keras lo.

  • Samboosa

Photo : destinationksa.com

 

Makanan yang satu ini juga sangat bergizi dan lezat. Samboosa merupakan makanan berbentuk segitiga dengan kulit crunchy di luarnya dan berisikan daging cincang, sayuran dan keju. Biasanya samboosa disajikan dengan cara di panggan atau di goreng, di temani secangkir teh akan jauh lebih . terasa nimat. Jangan lupa reservasi tiket pesawat Qatar Airways ya.
Falafel
Makanan yang satu ini cocok untuk kamupecinta cita rasa pedas, falafel merupakan makanan pinggir jalan yang paling mudah di temui dan memiliki banyak peminat karena rasanya yang sangat lezat. Adonan dari falafel sendiri merupakan kacang faca atau buncis tanah, saat dihidangkan biasanya falafel di temani topping salad, sayuran acar, ataupun saus, bisa juga sebagai isian roti ataupun kamu juga bisa memakannya di temani sayuran kesukaan kamu.

  • Malabari Paratha

Photo : www.sumeru.net

 

Malabari paratha merupakan sajian khas Arab yang juga sangat di gemari. Rasanya sangat lezat dan memilki cita rasa khas, bila di sajikan dengan kari arsanya bakal bertambah lezat kamu juga bisa menikmatinya langsung kok dan gak kalah lezatnya. Malabari Palatha berbentuk berbentuk roti bulat berlapis dan akan melumer di mulut kamu. Malabari Paratha merupakan hidangan pokok kaum Expat India Selatan, dan saat ini Malabari Paratha telah populer ke daerah lainnya.

 

  • Yughmish

Photo : food. idntimes.com

 

Jajanan yang satu ini juga banyak di cari, sekilas bentuknya sperti kentang goreng. Yughmish sendiri merupakan roti beragi. Yughmish di isi dengan daging lembut kamu harus coba makanan ini dan rasakan sensainya. Makanan ini juga sangat lembut dan gak bakal terasa berat di perut, cocok sekali untuk jajanan.

  • Kulfi

Photo : foodnthought.com

 

Nah jika makanan khas lainnya bisanya berupa gorengan atau dipanggang, kulfi ini berbeda. Kulfi sendiri merupakan makanan khas Arab Saudi yang berwujud beku. Makanan ini merupakan makanan penutup yang creamy, kulfi sendiri merupakan makanan favorit masyarakat India Yang hidup di kerajaan. Kulfi terbuat dari susu full cream yang menebal dengan khoa serta diberi garnis kancang cincang. Cita rasanya seperti es krim namun lebih berat, kamu harus mencoba kulfi terutama saat suasana panas.

  • Baleela

Photo : floridacoastalcooking.com

 

Baleela merupakan makanan yang berbahan dasar buncis. Baleela merupakan buncis yang di rebus dengan campuran bwang putih dan garam dan bumbu lainnya, cita rasanya pedas dan gurih kamu harus mencoba ballela teruatama saat baru di hidangkan, rasanya sungguh nikmat. Baleela termasuk makanan yang mudah di temukan dan tentu saja harganya bersahabat.

  • Mutabaq

Photo : shebayeminifood.com

 

Mutabaq ini merupakan seperti layaknya pancake di Eropa, Mutabaq sendiri merupakan makanan yang di yakini berasal dari negeri Yaman dan sangat populer di Timur Tengah. Kerajaan Arab saudi sendiri bahkan menjadikan makanan ini sebagai salah satu menu pembuka yang populer. Mutabaq merupakan makanan yang terdiri dari lapisan tipis kue yang kemudian di lipat dan di dalamya di isi dengan daging cincang tentu saja, tomat, peterseli, telur, bawang serta sedikit jalapeno papaer.
Banyak bukan makanan khas timur tengah? Semuanya memiliki cita rasa yang lezat pastinya.  Segera reservasi tiket pesawat Qatar Airways dan cek tiket pesawat paling murah yang cuma ada di Reservasi.com