Sumber: pinterest.com


Sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak tentunya perlu mengetahui budaya-budaya yang ada di tanah air. Apalagi Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam dan pastinya wajib dikenalkan seperti apa kebudayaan yang bangsa ini miliki kepada generasi penerus. Di dunia pendidikan, bisa dibilang porsi pembelajaran tentang kebudayaan Indonesia semakin berkurang. Contohnya, pembelajaran bahasa Jawa yang sangat jarang ditemukan di sekolah-sekolah tanah air. Maka dari itu, sebagai orang tua, tentunya kamu perlu memperkenalkan budaya-budaya Nusantara kepada generasi berikutnya. Berikut ini kami akan membagikan cara-cara asyik memperkenalkan budaya Indonesia kepada anak. Yuk, simak sama-sama.


1. Memberikan dan Membacakan Buku Mengenai Kebudayaan Indonesia

Sumber: pinterest.com

Saat ini sudah banyak buku bacaan yang bertemakan mengenai adat istiadat Indonesia, mulai dari lagu daerah, cerita rakyat, bahasa daerah, tempat wisata, hingga makanan khas daerah tertentu. Buku bacaanya pun bisa di cermati dengan mudah oleh anak-anak, karena terdapat tulisan dan juga gambar yang menarik. Dengan memberikan dan membacakan buku tentang kebudayaan tanah air, tentunya akan memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada anak-anak terhadap budaya Indonesia.


2. Ajak Anak Buat Menyaksikan Pagelaran Seni Tradisi

Sumber: pinterest.com

Setiap daerah mempunyai seni tradisi yang berbeda-beda, dan pastinya memiliki makna filosofi serta fungsi sosial. Kamu bisa mengajak si kecil untuk menyaksikan sebuah pagelaran seni tradisi di salah satu wilayah atau lewat internet. Kamu dan anak bisa menyaksikan tampilan seni tradisi semacam wayang orang, waktu ludruk, tari saman, atau penampilan alat musik tradisional seperti main angklung atau gamelan. Dari situ kamu bisa menjelaskan bahwa setiap daerah mempunyai seni tradisi yang menarik dan berbeda. 


3. Pergi Berkunjung Ke Rumah Kerabat yang Berbeda Agama, Ras dan Suku

Sumber: pinterest.com

Mengajak si kecil ke rumah kerabat yang memiliki suku, ras dan agama yang berbeda juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Di momen ini anak-anak akan berinteraksi dan berkenalan dengan anak lain. Sehingga terjalin sebuah pertemanan yang baik tanpa perlu melihat suku, ras dan agamanya


4. Berikan Hadiah yang Tradisional

Sumber: pinterest.com

Di momen spesial seperti hari ulang tahun si kecil, kamu bisa memberikan sebuah hadiah berupa benda tradisional lho. Misalnya, dengan menghadiahkan sebuah permainan congklak, bola bekel, atau gasing. Memberikan hadiah alat musik seperti angklung, jukulele, atau alat musik tiup semacam suling bambu juga bisa menjadi hadiah yang menarik, dan pastinya membantu mengenalkan budaya Indonesia lewat hadiah yang kamu berikan itu.


5. Mengenalkan Makanan Dari Daerah Tertentu

Sumber: pinterest.com

Cara satu ini sangat sederhana dan pastinya akan membuat si kecil semangat untuk mengenal lebih tentang budaya-budaya Indonesia. Kalau kamu orang Jawa, coba deh ajak anak-anak buat mencicipi makanan enak khas Sunda, Malang, Bali, atau Padang misalnya. Kamu bisa mencoba membuat masakan dari suatu daerah atau membelinya di tempat makan khas daerah tertentu. 


6. Berpartisipasi Dalam Kegiatan Tertentu

Sumber: pinterest.com

Biasanya di hari perayaan seperti hari Kartini dan HUT Proklamasi RI terdapat sebuah acara kegiatan semacam lomba pakaian adat, menyanyikan lagu daerah, hingga memainkan sebuah permainan tradisional. Di momen ini, kamu bisa mengajak si kecil untuk menyaksikan kegiatan-kegiatan yang ada di acara tersebut, atau kalau bisa ajak si kecil untuk ikut dalam kegiatan tersebut juga boleh lho. Seru-seruan sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia!

Itulah beberapa cara asyik yang bisa kamu terapkan untuk memperkenalkan budaya tanah air kepada anak. Semoga bermanfaat!