shampo anti ketombe
shampo anti ketombe

Ketombe merupakan kupasan kulit kepala yang kering berwarna putih. Ketombe sering dianggap sebagai masalah besar bagi setiap orang baik pria maupun wanita. Pasal nya, ketombe akan sangat mengganggu kenyamanan maupun penampilan.

Mempunyai rambut berketombe bisa saja mengurangi rasa percaya diri seseorang. Ketombe merupakan masalah yang sangat mengganggu sehingga setiap orang ingin segera mengusirnya.

shampo anti ketombe
shampo anti ketombe

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi rambut berketombe adalah dengan keramas secara rutin dengan shampo anti ketombe. Salah satu produk shampo untuk ketombe adalah shampo clear yang sudah dikenal untuk mengatasi masalah rambut berketombe.

Pada shampo untuk rambut berketombe mempunyai bahan bahan tertentu yang dapat membantu mengatasi ketombe.

Beberapa bahan yang bisa terkandung dalam shampo anti ketombe antara lain:

1.      Zink Pyrithione atau ZnPTO

Zink Pyrithione ini berfungsi untuk menghambat tumbuhnya malassezia yang merupakan penyebab dari ketombe. Shampo yang mempunyai kandungan Zink Pyrithione dapat digunakan untuk rambut yang diakibatkan oleh serborheic dermatitis.

2.      Climbazole

Penyebab rambut berketombe bisa disebabkan karena kurang menjaga kebersihan rambut sehingga kulit kepala terinfeksi jamur. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan shampo yang mengandung zat climbazole yang mampu membasmi jamur yang berlebih pada kulit kulit kepala.

3.      Lavender

Rambut yang berketombe sering terasa gatal di area kulit kepala yang mana kondisi ini disebabkan karena adanya jamur yang berlebih. Untuk mengatasi hal ini seringkali shampo anti ketombe dilengkapi dengan bahan lavender yang berfungsi untuk melembabkan serta meredakan rasa gatal pada kulit kepala.

4.      Charcoal

Charcoal atau arang merupakan bahan campuran pada shampo untuk ketombe yang berfungsi membersihkan area rambut ketombe. Hal ini dikarenakan charcoal mempunyai zat yang mampu mendetoksifikasi sel kulit kepala secara keseluruhan serta membuat kulit kepala terasa lebih ringan dan segar.

5.      Coal tar

Rambut berketombe bisa terjadi karena kulit psoriaris. Untuk itu, shampo untuk rambut berketombe mengandung coal tar yang membantu dalam memperlambat regenerasi sel kulit kepala serta mampu meningkatkan sensitivitas kulit terhadap cahaya.

6.      Salicylic Acid

Salicylic acid adalah bahan aktif yang mampu mengurangi dan melembutkan serpihan sel kulit pada rambut.

7.      Selenium sulfide

Selenium sulfide berfungsi untuk mengontrol perkembangan malasseize, menghambat regenerasi sel kulit, menyegarkan kulit kepala, serta meredakan rasa gatal.

Demikian adalah bahan-bahan yang biasa terkandung dalam shampo untuk perawatan rambut berketombe. Untuk shampo yang mempunyai kandungan bahan tersebut secara lengkap adalah shampo clear untuk perawatan rambut berketombe.

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi rambut berketombe adalah dengan keramas secara rutin dengan shampo anti ketombe.