Kebun Teh Sukawana
Kebun Teh Sukawana

Kebun teh Sukawana dulu milik seorang Belanda bernama Van Houten. Sekarang kebun ini dikelola oleh PTPN VII. Di area perkebunan juga terdapat pabrik teh yang produksinya diutamakan untuk diekspor.

Terletak di daerah pegunungan yang sejuk, tanaman teh menghampar berderet-deret rapi dan sedap dipandang. Tanaman teh itu bergelombang naik turun sesuai kontur tanah perkebunan yang seperti perbukitan. Di kejauhan tampak gunung Tangkuban Perahu dan Burangrang yang indah menjulang.

Tiket masuk ke obyek wisata ini murah, kabarnya di bawah Rp 10.000,-. Pengunjung bebas menjelajahi area perkebunan sampai bosan tanpa dibatasi waktu.

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di kebun teh Sukawana.

Tea Walking

Hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah sungguh asyik untuk berjalan-jalan. Menyusuri jalan setapak di sela tanaman teh, sambil menikmati pemandangan. Atau sambil merenung mengevaluasi masal lalu untuk merencanakan masa depan yang gemilang.

Bersepeda

Kalau ingin mengelilingi area perkebunan lebih luas dan lebih jauh lagi kamu bisa bersepeda. Tambah seru lagi kalau bersepeda sekeluarga, lalu setelah lelah istirahat di area yang teduh dan membuka bekal. Sepedanya tentu harus kamu bawa sendiri karena di kebun teh tidak ada penyewaan sepeda.

Mengunjungi Pabrik Teh

Kamu tahu hal paling asyik jika dekat-dekat pabrik teh? Aroma teh yang wangi dan sedap.

Pabrik teh yang ada di dekat perkebunan juga terbuka untuk umum. Pengunjung harus menghubungi dulu penjaga yang ada di gerbang pabrik untuk minta ijin dan mencari tahu aturan kunjungannya.

Kemping

Meski tidak disediakan area khusus untuk kemping, pengunjung diperbolehkan kok bermalam di perkebunan. Kamu hubungi saja petugasnya untuk lebih jelasnya. Peralatan seperti tenda, penerangan, dan lain-lain harus kamu bawa sendiri.

Sebaiknya juga membawa makanan siap saji yang tinggal dipanaskan jika mau dimakan. Bawa juga kompor portabel sehingga tidak perlu membuat api unggun yang bisa membahayakan dan meninggalkan bekas.

Melukis

Pemandangan perkebunan sangat menarik untuk dilukis. Baik sekedar sketsa dengan pensil dan konte, atau melukis dengan cat air bahkan cat minyak. Kayanya lebih bagus jika datang di saat musim panen teh sehingga bisa merekam kesibukan para pemanen di dalam lukisanmu.

Berlatih Kebugaran

Udara yang bersih dan polusi yang minim pas sekali untuk berlatih olahraga kebugaran dan kesehatan. Sendirian atau berkelompok, di kebun teh kamu bisa berlatih yoga, taijiquan, qigong, atau meditasi. Tentu asyik ya kemping di kebun teh lalu paginya berlatih taiji sebelum sarapan.

Sepertinya wisata hanyalah fungsi sampingan dari kebun teh Sukawana. Ditandai dengan fasilitas yang masih minim untuk pengunjung. Namun sudah cukup memadai kok ada warung makan, masjid, dan di dalam masjid ada toilet yang bisa kamu gunakan.

Penginapan juga ada tapi tidak di dalam kebun. Kamu bisa menginap di Vila Merah Sukawana yang di dekat perkebunan.

Lokasi

Kebun the Sukawana terletak tidak jauh dari Bandung. Di desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat.

Rekomendasi Transportasi

Kamu bisa menggunakan penyedia jasa transportasi berkualitas seperti Dirgantara Car Rental. Pilih saja mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget-mu. Tinggal duduk rileks dan sopir yang ramah dan berpengalaman akan mengantarmu sampai ke kebun teh Sukawana.