Memakai rangkaian skincare di pagi hingga siang hari sebelum beraktivitas adalah kewajiban bagi semua wanita yang ingin mendapatkan kulit mulus bercahaya. Tak terkecuali bagi para pemilik jenis kulit normal yang kelihatannya tidak punya masalah wajah apapun. Nah, tapi ternyata selama ini Anda bisa saja salah menggunakan rangkaian skincare dan pelembab untuk kulit normal

Kesalahan Saat Menggunakan Skincare di Siang Hari

Kebiasaan mengaplikasikan skincare yang salah di pagi dan siang hari ternyata bisa berakibat buruk bagi kulit wajah. Kesalahan-kesalahan ini bisa saja membuat kulit wajah Anda tidak terlindungi sempurna. Apalagi di siang hari, kulit rentan terpapar debu, polusi, dan sinar UV yang berbahaya. Apa saja ya kesalahan umum dalam menggunakan skincare siang?

pelembab untuk kulit normal
  • Tidak Melakukan Double Cleansing

Mentang-mentang Anda baru bangun tidur, Anda beranggapan bahwa kulit wajah tidak perlu dibersihkan berulang kali. Anggapan ini 100% salah ya. Anda tetap harus melakukan double cleansing karena saat tidur kulit wajah akan menumpuk minyak dan juga bekas krim malam. 

  • Tidak Menggunakan Toner

Toner bagi sebagian wanita dianggap tidak penting. Padahal fungsi utama toner adalah untuk mengembalikan pH wajah yang baru saja dicuci. Toner juga bisa membantu mengembalikan kelembaban alami dan mengangkat kotoran yang belum bersih dari wajah. 

  • Asal Menggunakan Pelembab

Kesalahan terbesar wanita saat menggunakan skincare adalah asal pilih pelembab wajah. Padahal tidak semua pelembab cocok untuk semua jenis kulit. Anda perlu memilih jenis pelembab yang tepat sesuai kondisi kulit. Misalnya, pilih pelembab untuk kulit normal, kering, sensitif, atau berminyak.

Tekstur pelembab juga sangat berpengaruh bagi kulit. Contohnya, untuk kulit berminyak sebaiknya gunakan pelembab berbentuk gel. Untuk kulit kering gunakan pelembab bertekstur krim atau jelly. Untuk kulit normal hingga kering, gunakanlah pelembab dengan tekstur lotion. 

  • Tidak Menggunakan Sunscreen

Meskipun Anda sudah menggunakan pelembab yang diklaim mengandung SPF, tapi jangan sampai Anda skip penggunaan sunscreen. Karena kandungan SPF dalam pelembab saja tidak cukup untuk melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B. Sunscreen juga harus di re-apply lagi pada wajah tiap 2 jam sekali. 

Jangan sampai Anda sudah susah payah menumpuk semua jenis skincare di pagi hari pada kulit wajah, tapi ternyata apa yang Anda lakukan salah besar. Lakukan step-step perawatan kulit dengan skincare pagi yang tepat agar wajah terlindungi dari pengaruh buruk polusi dan radikal bebas.