Gelang Berlian
Gelang Berlian

Tampil cantik dengan gelang berlian menjadi impian kebanyakan perempuan. Meski ukurannya terbilang kecil, berlian adalah permata yang mampu memancarkan kecantikan dan kemewahan. Di lain sisi kecantikan dan kemewahannya, berlian adalah sebuah instrumen investasi yang minim resiko kerugian.  Dengan demikian, akan ada 2 keuntungan sekaligus pada saat kita membelinya, yaitu investasi dan perhiasan yang cantik dan mempesona.

Di Indonesia, ada dua istilah atau penamaan untuk sebuah diamond, yaitu berlian dan intan. Intan adalah berlian yang belum diolah menjadi sebuah perhiasan, atau sebuah bongkahan batu permata. Sedangkan berlian adalah batu permata yang telah melalui proses pengolahan.

Image result for gelang berlian

Berlian hadir dalam berbagai kualitas, dari yang terendah hingga yang tertinggi. Setelah melalui penimbangan, berlian akan dipisahkan, dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi. Selanjutnya, berlian akan dibentuk dan dipotong menjadi perhiasan, seperti salah satunya gelang berlian. Sedangkan, intan dengan kualitas rendah, biasanya akan digunakan dalam bidang industri.

Mengukur kualitas berlian bisa dilakukan melalui 4C, yaitu color, clarity, cut dan carat. Keempat cara ini bisa diterapkan bagi Anda yang berencana untuk membelinya. 4C merupakan kriteria yang menentukan faktor nilai jual berlian itu sendiri.

Tidak dapat kita pungkiri, apapun jenis barangnya, akan selalu  ada imitasinya. Begitu juga dengan batu permata yang satu ini. Ada beberapa pedagang atau toko perhiasan di pasaran baik online maupun konvensional, yang menjual produk berlian imitasi. Untuk menghindari penjual yang nakal, alangkah baiknya anda mengeceknya terlebih dahulu.

Mengetahui keaslian berlian tentu harus melalui beberapa proses terlebih dahulu. Bagi Anda yang kurang berpengalaman, toko perhiasan terpercaya yang memberi sertifikat dan jaminan adalah solusinya. Setelah menemukan toko yang tepat, Anda hanya cukup menentukan ukuran dan modelnya saja, karena keasliannya sudah terjamin.

Selain untuk perhiasan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan penampilan, berlian adalah batu mulia yang kebal terhadap inflasi. Sehingga, batu permata cocok untuk investasi jangka panjang yang minim resiko kerugian.

Nah, itulah dua kelebihan gelang berlian. Di samping sebagai perhiasan yang cantik, berlian adalah batu mulia yang cocok sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan.