menu sehat
menu sehat

Membekali anak – anak makanan ke sekolah merupakan cara yang bijak agar anak tidak jajan sembarangan yang belum tentu sehat makannya, sudah banyak bukti yang membuat anak – anak keracunan makanan karena jajan sembarangan di sekolah. Untuk menyiasati hal tersebut, banyak dari para orangtua yang membuat bekal sekolah untuk anak, namun terkadang malah tidak dimakan atau meninggalkan sisa karena anak tidak suka dengan menu yang dibuat. Untuk menghindari hal semacam itu, akan lebih baik jika anda terlebih dulu berdiskusi dengan anak untuk menentukan menu apa yang disukainya sebagai bekal ke sekolah, dan anda dapat melakukan kreasi terhadap makanan favoritnya tersebut dengan membuat menu sehat melalui kreasi makanan yang disukai oleh anak – anak.

Selain cara di atas, bunda juga dapat membuat nasi goreng kemul yang sehat dan juga pasti disukai oleh anak – anak untuk bekal bersekolah, nasi kemul ini sangat cocok dijadikan bekal, apalagi saat ini akan diterapkan sistem full day untuk anak sekolah dasar, sehingga mereka membutuhkan makanan yang sehat dan mengenyangkan untuk menunjang kegiatannya di sekolah. Untuk membuat nasi goreng kemul ini, anda membutuhkan 100 gr nasi putih, 50 gr daging ayam dipotong dadu, 20 gr buncis, 20 gr wortel dipotong dadu, ½ buah tomat dipotong dadu, 1 batang daun bawang diiris, 2 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih, ½ sdm kecap manis, 2 sdm minyak goreng dan ½ sdt garam halus. Siapkan juga 1 butir telur, ½ sdt lada halus, ¼ sdt garam halus dan 1 sdm minyak goreng untuk membuat telur dadar.

Cara membuat nasi goreng kemul sangat mudah yaitu panaskan minyak, tumis bawang merah dan putih hingga harum, kemudian masukan daging ayam, dan masak hingga daging berubah warna. Tambahkan nasi putih, tomat, wortel dan buncis, bumbui dengan sedikit lada bubuk dan juga garam sesuai selera serta tambahkan kecap manis, masaklah hingga semua menjadi matang. Selang beberapa menit sebelum diangkat tambahkan daun bawang, aduk rata, angkat dan dinginkan. Sambil menunggu nasi goreng dingin, anda dapat membuat telur dadarnya. Nah setelah telur dadar selesai dibuat, anda dapat membungkus nasi goreng yang telah dibuat ke dalam telur dadar tersebut, lalu digulung dan diatur dalam kotak bekal anak. Menu sehat bekal sekolah ini memiliki kandungan gizi yaitu energy 529 kalori dan lemak 29 gram, karbohidrat 20,6 gram dan protein 42,3 gram, sehingga sesuai untuk menunjang kegiatan full day anak di sekolah.