cara memandikan bayi
cara memandikan bayi

Banyak sekali hal yang perlu untuk dipersiapkan misalnya nama bayi, perlengkapan bayi dan juga cara memandikan bayi. Sebagai orang tua bunda harus berhati – hati dan telaten dalam memandikan bayi yang baru saja bunda lahirkan. Apabila bunda kurang hati – hati dan tidak telaten maka akan membahayakan bayi anda sendiri. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi anda sebagai orang tua untuk mengetahui berbagai langkah tepat dalam memandikan bayi terutama yang baru lahir.

Pertama – tama perlunya anda untuk menyiapkan perlengkapan bayi. Ada berbagai cara yang perlu anda untuk ketahui bagaimana cara memandikan bayi. Akan tetapi sebelum bunda mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut ada baiknya bunda tidak melewatkan berbagai perlengkapan mandi untuk memandikan bayi anda. Diantara perlengkapan – perlengkapan yang harus dilengkapi oleh bunda ketika akan memandikan bayi.

  • Bak mandi bayi yag telah diisi dengan air hangat.
  • Handuk dan bantal yang telah ditutupi handuk untuk meletakkan bayi ketika anda akan mengelap tubuh bayi.
  • Kain waslap atau spons untuk memandikan bayi.
  • Bola kapas.
  • Produk untuk bayi dari zwitsal seperti sabun, sampo, bedak, lotion dan minyak telon. Zwitsal merupakan produk bayi yang sangat aman digunakan dan tidak akan mengakibat iritasi pada kulit bayi ketika digunakan untuk tubuh bayi.
  • Sikat halus.
  • Pakaian bersih untuk bayi.

Untuk para bunda setelah mengetahui apa saja perlengkapan – perlengkapan yang perlu dipersiapkan, kini saatnya anda mengetahui langkah – langkah dalam memandikan bayi. Pertama, mulailah membersihkan dari area mata dengan menggunakan kapas lembab. Lalu basuh bagian – bagian tubuh yang lain seperti kepala, wajah, leher, dada, lengan punggung, tunggu dan bagian – bagian lipatan tubuh bayi. Ketika menyabuni badan gunakan waslap dan sabun bayi yang tidak pedih. Ini semua untuk menjaga mata bayi apabila terkena sabun tidak akan pedih. Jangan lupa menopang pundak dan leher bayi saat menyabuni dan membilas seluruh tubuh. Setelah selesai keringkan bayi dengan handuk lalu kemudian kenakan pakaian bersih kepada bayi.