Semua orang tentunya ingin hidup hemat dan mengatur keuangannya dengan sangat baik. Akan tetapi tanpa disadari ada beberapa kebiasaan jelek yang dilakukan sehingga merugikan baik secara keuangan maupun lingkungan. Salah satunya adalah pemborosan energi listrik. Listrik menjadi salah satu energi yang sangat penting yang dibutuhkan oleh semua orang dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan energi listrik pada saat ini bisa dikatakan menjadi salah satu energi yang sangat vital bagi semua manusia akan tetapi seiring dengan kebutuhan yang semakin tinggi serta beberapa kebiasaan jelek, membayar tagihan listrik PLN menjadi semakin membengkak setiap bulannya.

tagihan listrik PLN
tagihan listrik PLN

Padahal dengan beberapa langkah sederhana tagihan listrik PLN yang kita bayarkan akan menjadi lebih hemat serta mampu membantu menghemat energi listrik. Langkah pertama adalah tidak menggunakan lampu pijar. Untuk menghemat listrik kita bisa melakukan dengan cara yang sangat mudah.

Meskipun sudah dianggap kuno akan tetapi beberapa orang masih nyaman dengan penggunaan lampu pijar. Padahal lampu tersebut memiliki konsumsi energi listrik yang lebih besar jika dibandingkan dengan lampu LED. Agar konsumsi listrik di dalam rumah kita menjadi lebih hemat ada baiknya ganti semua lampu pijar yang ada di rumah dengan menggunakan lampu LED.

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk menghemat tagihan listrik PLN adalah tidak menyalakan lemari es yang kosong. Lemari es biasanya menjadi salah satu peralatan elektronik yang tidak pernah kita matikan. Akan tetapi lemari es yang kosong menyerap energi listrik yang sangat besar tetapi manfaatnya tidak bisa kita rasakan sama sekali.

Untuk menghemat listrik kita bisa mematikan kulkas Khususnya ketika tidak ada makanan di dalamnya. Selain harus mampu menghemat energi listrik yang kita gunakan setiap harinya, Kita juga harus menemukan cara yang praktis dan mudah ketika akan membayar tagihan listrik.

Cara praktis dan mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi jenius. Genius merupakan salah satu aplikasi mobile yang memiliki fungsi sebagai alat pembayaran non tunai untuk berbagai macam cicilan dan tagihan yang kita miliki setiap bulannya melalui perangkat smartphone yang kita miliki.