makanan untuk ibu hamil

Makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama

Umumnya ibu hamil akan merasakan mual dan muntah-muntah pada 3 bulan pertama mengandung. Walaupun begitu, ibu hamil tetap harus memperhatikan dan menjaga kesehatan makanan yang dimakannya untuk ibu hamil sendiri dan juga janin bayi di dalam kandungan. Maka dari itu penting sekali mengatur makanan untuk ibu hamil pada satu bulan pertama karena janin baru mulai tumbuh dan sangat membutuhkan asupan vitamin dan mineral agar dapat tumbuh kembang dengan baik.

Perlu diingat bahwa saat sedang mengandung seorang ibu hamil tidak boleh asal makan dan diusahakan tidak terlalu banyak makan karena saat makan berlebihan maka banyak pula kalori yang masuk ke dalam tubuh sehingga akan membuat tubuh terlalu gemuk. Dampaknya akan dirasakan setelah melahirkan karena akan lumayan susah untuk menurunkan berat badan.

makanan untuk ibu hamil
makanan untuk ibu hamil

Jadi, akan lebih baik lagi jika makanan untuk ibu hamil disesuaikan dengan tahap pertumbuhan janin dalam kandungan. Pada bulan pertama sangat disarankan agar ibu hamil mengkonsumsi multivitamin yang mengandung 400 mcg folic acid karena mengandung zat yang dapat berfungsi untuk mempersiapkan rahim dan juga mengurangi akan terjadinya penyakit pada bayi seperti tulang belakang yang tidak tertutup secara sempurna atau spina bifida.

Kandungan folic acid juga terdapat pada sayuran seperti kol, brokoli, kembang kol, wortel, jagung, kacang kedelai dan juga buah-buahan seperti jeruk, jambu klutuk, alpukat, dan juga sereal jagung atau gandum. Jadi, makanan untuk ibu hamil yang mengandung folic acid bisa didapatkan dari sayuran atau buah-buahan.

Pada dasarnya ketika seorang ibu dalam masa hamil satu bulan maka segala kebutuhan gizinya harus terpenuhi termasuk 4 sehat 5 sempurna seperti karbohidrat, sayuran, buah-buahan, daging, dan juga susu. Dan lebih baik lagi apabila ketika makan porsi sayuran dan buah-buahan lebih banyak daripada porsi karbohidratnya. Kemudian, usahakan makan dengan porsi kecil secara berkala guna menghindari rasa mual.

Waktu makan untuk ibu hamil idealnya adalah 5 kali dalam sehari : sarapan, makan siang, makan malam, kemudian diselingi juga dengan memakan cemilan diantara tiga waktu makan tersebut. Sedangkan untuk porsi makan agar tidak terlalu bosan dapat dilakukan secara variatif seperti misalnya, sarapan dengan telur, susu, dan roti kemudian makan sayuran saat jam makan siang dan makan malam. Lalu selingan makan cemilan buah saat sore hari.

Selain mengatur pola makan seorang ibu hamil juga harus memperhatikan kebutuhan cairan akan tubuh dengan cara meminum air sebanyak 8 gelas setiap harinya. Tidak hanya air putih, kamu juga bisa minum jus buah dan juga susu dengan porsi kecil seperti makan yang dijelaskan sebelumnya.