KADIN untuk Indonesia
KADIN untuk Indonesia

Logo atau Lambang merupakan suatu gambar atau bentuk sketsa yang mempunyai arti tertentu dan mewakili suatu arti dari organisasi, perusahaan, lembaga dan produk, biasanya logo memiliki sesuatu yang singkat dan mudah di ingat. Dalam hal ini KADIN sebagai organisasi besar yang menaungi para pengusaha Indonesia juga mempunyai logo atau lambang yang mempunyai arti tersendiri dan mewakili latar belakang organisasi tersebut, berikut uraian lambang KADIN untuk Indonesia beserta Maknanya:

1.   Makna Warna pada Lambang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya logo harus mempunyai ciri khas berupa warna dan bentuknya, sehingga logo terlihat enak dipandang dan mudah di ingat, adapun makna yang terkandung dalam warna logo kadin adalah sebagai berikut:

Hasil gambar untuk kadin logo

Putih: melambangkan kesucian, gotong royong berdasarkan persaudaraan, persamaan idiil dan kesatuan. Merah: melambangkan semangat pantang menyerah dalam menjalankan tugas, usaha dan kewajiban. Kuning emas: melambangkan ketinggian mutu yang menjadi pedoman dalam melaksanakan usaha. Biru: melambangkan kesetian, kejujuran dan semangat mencapai kemajuan usaha dan  pembangunan ekonomi.

2.   Makna Lambang Perahu Layar

Perahu layar diartikan sebagai pusat perdagangan dan kegiatan ekonomi, dan sebagai ciri khas bahwa indonesia merupakan negara kepulauan bahari. Ketabahan, kebenaran dan tahan uji dalam mencapai cita-cita mengembangkan usaha. Wadah tempat berkumpul ketiga pelaku ekonomi untuk mencapai cita-cita menuju masyarakat adil dan makmur.

3.   Makna Lambang Gelombang Air

Tiga baris riak melambangkan persatuan antara 3 unsur pelaku usaha, yaitu unsur swasta, unsur koperasi dan unsur usaha milik negara. Lima riak gelombang melambangkan Pancasila sebagai asas kadin dan para pengusaha dalam memajukan usahanya.

4.   Makna Lambang Kuda Kuning Emas

Kuda berwarna kuning emas melambangkan tenaga yang kuat dan efektif yang timbul dari persatuan dan kesatuan para pengusaha dalam segala bidang yang ada di masyarakat. Hasrat yang didukung daya dan tenaga yang kuat dari pengusaha untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan ekonomi baik di daerah maupun di pusat.

5.   Makna Lambang perisai

Perisai melambangkan wajah yang satu dan kuat timbul dari persatuan dan kesatuan menghadapi tantangan dan cobaan.

6.   Makna lambang Pita Bersimpul

Pitu bersimpul melambangkan keterampilan dalam melaksanakan kegiatan usaha. Persatuan tiga bidang usaha yaitu perdagangan, industri dan jasa.

7.   Makna lambang Daun Semanggi

Daun Semanggi melambangkan keindahan dan keseimbangan

8.   Makna Lambang di Tengah Perisai

Merah berbatas diagonal melambangkan bendera pusaka, bendera Indonesia yang berarti KADIN untuk Indonesia.