Perkembangan Online Shop Indonesia

Mengenal Perkembangan Online Shop Indonesia

Keberadaan aktivitas rutin online shop Indonesia sekarang semakin banyak bahkan mungkin jumlahnya sudah tak bisa terhitung lagi. Sekedar informasi saja, dahulu sekitar tahun 1990-an online shop belum ada dan semua pembelian dilakukan secara langsung. Setelah tahun 2000-an barulah tren ini muncul di masyarakat. Itupun hanya beberapa toko online saja yang ada di Indonesia. Peminatnya pun juga dari kalangan atas dan pejabat saja. Maklum saja dahulu ATM dan kartu kredit tidak mudah dimiliki seperti saat ini.

Perkembangan Online Shop Indonesia
Perkembangan Online Shop Indonesia

Menjelang tahun 2010, sosial media seperti Facebook, Twitter dan sebagainya mulai masuk ke Indonesia. Ini mengakibatkan jumlah toko online meningkat tajam. Apalagi pada saat itu untuk mendapatkan kartu kredit dan kartu ATM semakin mudah. Namun pada saat itu promosi toko online hanya dilakukan dengan sosial media saja dan belum menggunakan website profesional seperti sekarang. Kehadiran toko online yang semakin menjamur bagai dua mata pisau tajam. Di sisi lain memberikan efek positif tetapi di sisi lain juga memberikan efek negatif.

Beberapa efek positif kehadiran online shop Indonesia yang semakin banyak adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan calon konsumen untuk berbelanja tanpa mengenal waktu. Selain itu berbelanja lewat toko online juga bisa dilakukan dimana saja. Entah di kampus, di kantor ataupun di kamar pribadi.
  • Tak perlu tawar menawar seperti saat membeli di pasar karena harga yang ditawarkan sudah pas.
  • Terhindar dari kejahatan kriminal jalanan karena Anda tak perlu keluar rumah.
  • Tidak membuat Anda harus membawa barang belanjaan secara berduyun-duyun. Sebabnya semua barang pesanan diantarkan oleh kurir ekspedisi.
  • Bagi penjual, berjualan online juga menguntungkan karena tak perlu menyewa lapak dan membayar pajak lapak.

Itulah beberapa kelebihan adanya online shop di Indonesia. Sedangkan kekurangan online shop di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Barang yang diterima sering kali tidak sesuai dengan yang terpampang. Selain itu ukurannya juga tidak selalu sama.
  • Rawan mengalami kejahatan cybercrime. Jadi sebaiknya Anda harus memastikan keamanan jaringan internet Anda.
  • Sering terjadi tindak penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan menginginkan keuntungan pribadi. Agar hal ini tidak menimpa Anda sebaiknya gunakan fasilitas nomor rekening bersama.
  • Barang yang dikirim lewat ekspedisi akan mudah rusak karena pengemasan yang tidak aman.

Selain dampak positif dan negatif, adanya perkembangan online shop Indonesia juga turut serta ikut memajukan industri kreatif yang ada di masyarakat. Sehingga perekonomian rakyat menjadi lebih baik dan tingkat kemiskinan di Indonesia bisa menurun. Lewat online shop pula produk-produk lokal Indonesia bisa terekspose hingga ke luar negeri. Demikianlah sekilas informasi mengenai perkembangan online shop di Indonesia. Semoga bisa menambah ilmu Anda, untuk menambah informasi anda baca juga Tips Aman Bertransaksi Online agar terhindar dari penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.