sopan santun
sopan santun

Zaman sekarang mungkin akan mudah sekali ditemukan anak yang cerdas dan berbakat. Namun apakah anda sering melihat atau bertemu dengan anak memiliki budi pekerti yang baik dengan perilaku yang sopan santun.

Kita tidak bisa menyalahkan anak saja. Tetapi kita sebagai orang tua harus lebih instropeksi diri. Mungkin perilaku tidak sopannya karena pola asuh atau cara mendidik kita yang kurang tepat.

sopan santun
sopan santun

Perilaku sopan santun pada dasarnya dibentuk sejak usia anak masih sangat dini. Maka dari itu akan sangat berpengaruh oleh peran orang tua saat memberikan pola asuh atau cara mendidik anak.

Kita ketahui bahwa pendidikan pertama anak adalah orang tuanya terutama ibunya. Sehingga peran orang sungguh penting saat membentuk karakter atau perilaku anak.

Orang tua adalah teladan bagi anak – anak nya. Ketahuilah bahwa anak usia balita adalah manusia yang paling pandai meniru. Mereka mungkin tidak bisa begitu saja menurut apa kata orang tuanya. Tetapi mereka bisa menjadi peniru yang handal.

Itu sebabnya peran orang tuanya sebagai teladan bagi anak-anaknya. Maka dari itu, kita tidak bisa begitu saja menyalahkan perilaku kurang sopan santun kepada anak.

Adapun beberapa cara untuk mendidik anak berperilaku sopan dan santun.

1. Ajarkan sejak dini

Dari usia 1 tahun anda sudah bisa mengajarkan hal hal yang menunjukan kesopanan, misalnya dengan memberi salam. Istilah lebih cepat lebih baik sepertinya akan sangat cocok untuk mengajari sopan santun kepada anak.

2. Jadilah contoh untuk anak anda

Anak merupakan peniru yang baik. Anak bisa melakukan berbagai hal karena menirukan apa yang dilakukan oleh orang terdekatnya seperti ibu atau ayahnya. Sama halnya seperti saat mereka belajar berbicara, orang tua juga bisa mengajarkan anaknya sopan santun dengan menjadi contoh bagi anaknya.

3. Ajarkan dari hal sederhana

Mengajarkan anak – anak haruslah mulai dari hal sederhana. Baik secara intelekltual maupun karakter, mulailah dari hal sederhana contoh saja memberi salam. Anda bisa memberikan contoh dengan mengucakan salam sebelum masuk ke dalam rumah.

Itulah tiga tips yang bisa orang tua terapkan kepada anaknya. Jangan lupa minuum susu Dancow dua gelassetiap hari untuk meningkatkan perkembangannya.