Jerawat, komedo, noda hitam, dan masalah kulit wajah lainnya tentunya dapat mengganggu penampilan Anda di suatu acara tertentu atau kegiatan sehari-hari, baik pria maupun wanita. Menggunakan cara perawatan wajah yang tepat tentunya akan memberikan efek yang ampuh membersihkan dan mencegah datangnya jerawat.

Pastinya Anda tidak akan percaya diri jika mulai munculnya jerawat, apalagi bekasnya yang sampai menghitam. Bagi wanita, menutupnya dengan makeup harus menggunakan makeup yang cukup tebal agar semuanya tampak samar. Tapi, ada baiknya Anda memakai cara merawat wajah secara alami di bawah ini agar terhindar dari resiko masalah kulit wajah yang lain.

  1. Cuka apel

Cuka apel merupakan cuka yang berasal dari fermentasi sari apel yang mampu melawan bakteri maupun virus. Kandungan yang dimilikinya, asam organik serta asam suksinat sangat efektif menekan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Bahkan untuk memakainya sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Campurkan air biasa sebanyak 3 sendok dengan 1 sendok cuka apel. Tidak ada salahnya menambahkan air biasanya lebih banyak jika kulit wajah Anda sangat sensitif. Setelah itu, oleskan secara merata ke seluruh kulit wajah dan tunggu hingga 10 detik. Bilaslah dengan air sampai benar-benar bersih. Ulangi saja cara ini hingga 2 kali pemakaian setiap harinya.

2. Madu dan kayu manis

Kombinasi madu serta kayu manis merupakan perpaduan yang tepat untuk mengurangi jerawat karena kandungan benzoil peroksida serta retinoid-nya menjadi anti bakteri yang efektif. Tidak heran kalau perawatan wajah alami ini selalu menjadi pilihan orang-orang untuk melawan jerawat.

Cukup campurkan 1 sdt kayu manis yang sudah menjadi bubuk dengan 2 sdm madu. Aduk sampai bentuknya menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut secara merata ke kulit wajah Anda dan tunggu hingga 10 menit. Cuci wajah Anda sampai bersih dan ulangi lagi 1 kali sehari.

3. Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah di temukan, apalagi Anda yang sering ke pasar pasti akan sangat mudah menemukannya. Pisang juga sangat ampuh merawat kulit wajah secara alami dengan cara menjadikannya sebagai masker.

Siapkan saja 1 buah pisang dan buatlah menjadi pasta dengan menghancurkannya memakai garpu. Oleskan pastanya secara merata ke kulit wajah Anda dan tunggu sampai 15 menit. Bilaslah dengan memakai air dingin sampai benar-benar bersih. Anda pun dapat menambahkannya dengan yoghurt dan madu agar kandungannya lebih efektif membersihkan wajah secara alami.

4. Putih telur

Telur merupakan bahan alami yang mudah Anda temukan juga. Di dalamnya terdapat kandungan Vitamin A yang efektif mengatasi kulit berminyak. Namun, untuk memberikan efek yang ampuh, ada baiknya Anda menggunakan putih telurnya saja untuk dioleskan ke seluruh wajah Anda.

Caranya yaitu pisahkan putihnya dari kuning telurnya. Aduk putihnya sampai mengeluarkan busa dan oleskan ke seluruh kulit wajah Anda. Tunggu hingga Anda merasa sudah mengering dan bersihkan memakai sabun cuci muka Anda menggunakan air hangat. Gunakan secara rutin 2 kali dalam seminggu agar minyak berlebih semakin berkurang.

5. Air lemon

Perawatan wajah yang dilakukan secara alami terakhir yaitu menggunakan air lemon. Selain mengatasi peradangan pada jerawat, airnya dapat mengurangi minyak berlebih yang keluar dari kulit wajah Anda. Tapi, untuk pemakaiannya tidak dianjurkan untuk kulit yang memiliki sifat yang lebih sensitif.

Campurkan air lemon 1 sdt dengan air biasa 1,5 sdt. Oleskan cairan tersebut ke kulit wajah sampai merata dan tunggu 10 menit. Bersihkan wajah Anda dengan air hangat dan lembabkan lagi dengan minyak zaitun.

Sudah mengerti, bukan cara mengatasi masalah kulit wajah Anda dengan memakai bahan-bahan alami? Tapi, tidak ada salahnya jika Anda melengkapinya dengan menggunakan produk dari Nivea agar masalah kulit wajah dapat semakin terhindarkan. Untuk melihat produk-produknya seperti apa, Anda dapat membuka situs resminya nivea.co.id.