Sekolah memiliki peranan penting dalam memberikan pendidikan dan membentuk pola pikir anak. Dengan begitu, orang tua pun harus cermat dalam memilih sekolah. Saat ini, ada beberapa pilihan sekolah untuk menyekolahkan anak Anda, seperti Islamic boarding school dan regular school (sekolah biasa).

Kedua sekolah ini tentu memiliki perbedaan, entah itu dari aspek kurikulum, maupun aspek pengajarannya itu sendiri. Perbedaan tersebut tentunya bisa menjadi pertimbangan bagi Anda. Contohnya, salah satu Islamic Boarding School di Bogor, SMA Dwi Warna Boarding school, tentunya memiliki standar yang berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya.

Lalu, apa saja perbedaan-perbedaan tersebut? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Jadwal

Islamic boarding school
Islamic boarding school

Siswa boarding school memiliki jadwal yang sudah diatur oleh pihak sekolah sehingga menjadikan mereka lebih disiplin. Jika ingin keluar asrama, maka mereka harus meminta izin terlebih dahulu pada wali asrama. Lain halnya dengan sekolah reguler, siswa bebas untuk pergi kemanapun tanpa harus meminta izin.

2. Materi pembelajaran di sekolah

Materi pembelajaran di boarding school tidak hanya mempelajari ilmu-ilmu umum saja, tetapi juga ilmu agama secara keseluruhan. Beda dengan sekolah reguler yang biasanya hanya mempelajari ilmu umum saja, dan ilmu agama yang hanya beberapa jam pelajaran saja.

3. Tempat tinggal

Boarding school jelas mengharuskan siswanya untuk tinggal di asrama dengan siswa-siswa lainnya. Sedangkan sekolah regular siswa tinggal di rumahnya masing-masing.

4. Pergaulan

Pergaulan di boarding school umumnya tidak memperbolehkan berbaur dengan lawan jenis. Siswa laki-laki dan perempuan dipisahkan, baik saat pembelajaran sedang berlangsung, maupun di luar pelajaran. Peraturan seperti ini, tidak berlaku di sekolah reguler. Siswa laki-laki maupun perempuan bebas berinteraksi satu sama lainnya.

5. Fasilitas

Fasilitas yang disediakan pun sudah tentu berbeda. Fasilitas di boarding school umumnya lebih lengkap dibandingkan dengan sekolah reguler. Di boarding school, siswa diharuskan mendapat materi tambahan juga diharuskan menginap sehingga fasilitas pun tentunya harus lebih lengkap.

Itulah beberapa perbedaan antara boarding school (sekolah asrama) dengan regular school (sekolah reguler). Setelah mengetahui perbedaan tersebut, kini Anda bisa menentukan sekolah mana yang terbaik untuk anak Anda.