perkembangan janin dalam rahim
perkembangan janin dalam rahim

Sangat kuasa-Nya ciptaan Tuhan yang telah menciptakan janin dalam rahim dari segumpal darah sampai menjadi seorang bayi yang lahir ke dunia, perkembangan janin dalam rahim yang terus tumbuh dan berkembang mulai dari bentuk dan rupa tidak sempurna sampai membentuk bayi mungil yang lucu dan menggemaskan, saat-saat yang ditunggu oleh calon orang tuanya untuk menunggu kelahiran buah hati mereka. Untuk mengetahui perkembangan bayi dalam rahim kita bisa melihat tahapan berikut mulai dari trimester pertama sampai trimester ketiga.

  • Trimester pertama

Pada minggu-minggu dan bulan pertama kehamilan, terjadilah kantung ketuban untuk tempat embrio tumbuh dan berkembang, plasenta pun mulai terbentuk di bulan-bulan pertama ini yang berfungsi untuk menyalurkan nutrisi kepada bayinya dari ibu. Janin di bulan pertama ini hanya berbentuk seperti biji kacang dengan lingkaran hitam besar pada bagian wajah yang kelak nantinya berubah menjadi sepasang bola mata. Pada trimester pertama ini panjang janin mencapai 7,6 sampai 10 cm dan berat sekitar 1 ons.

  • Trimester kedua

Pada trimester kedua ini janin sudah mulai membentuk sempurna, mulai dari alis, kelopak mata, bulu mata dan kuku. Janin tersebut sudah mulai bisa menghisap jempolnya sendiri serta meregangkan tubuhnya. Selanjutnya di bulan kelima, kulit bayi sudah dilapisi vernix caseosa atau selaput lemak yang akan melindungi tubuhnya dari cairan ketuban, rambut bayi pun sudah mulai tumbuh, dan ibu juga akan merasakan gerakan-gerakan yang terjadi dalam perutnya. Berat bayi pun semakin bertambah, yaitu kurang lebih 900 gram dan panjang 12 cm dan pada fase ini juga bayi sudah mulai cegukan.

  • Trimester ketiga

Lemak pada tubuhnya sudah mulai tercipta, sehingga berat badannya semakin bertambah yaitu sekitar 1800 gram dan panjangnya mencapai 36 cm, di tahapan inilah bayi sudah mulai bisa merespons suara, rangsangat ataupun cahaya dari luar perut ibunya. Perkembangan bayi begitu pesat di usia ke 8 bulan, pada fase ini otak sudah mulai berkembang secara optimal, ibu akan merasakan gerakan dalam perutnya serta tendangan-tendangan kecil yang dapat dirasakan. Di usia trimester terakhir, yaitu 9 bulan, bayi sudah memiliki berat sekitar 3 sampai 3,2 kg dan panjang 46 sampai 51 cm, serta posisinya sudah mulai berubah untuk siap lahir ke dunia.

Itulah beberapa tahapan perkembangan janin dalam rahim yang bisa Anda ketahui mulai dari trimester pertama, kedua dan ketiga.